Layanan Taksi Uber (Masih) Dilarang Hampir di Seluruh Dunia

Uber 3

Beberapa waktu yang lalu, perusahaan Uber sempat menarik perhatian masyarakat Indonesia. Perusahaan teknologi yang bisnis utamanya menyerupai layanan taksi ini mendapat kecaman langsung dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama  atau Ahok dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Bahkan, layanan Uber diancam untuk dilarang beroperasi di DKI Jakarta.

Ternyata pelarangan layanan Uber tersebut tidak hanya terjadi di Jakarta. Bagaimana kiprah Uber di kota-kota lainnya di seluruh dunia?

Kisah Layanan Taksi Uber di Jerman

Demonstrasi Menentang Uber di Eropa

Demonstrasi Menentang Uber di Eropa

Kiprah layanan Uber di Jerman seperti pasang surut air laut. Sebelumnya, mereka sempat mendapat kecaman dari pemerintah kota Berlin yang menyebut Uber sebagai layanan yang menggunakan pengemudi dan kendaraan yang tidak berlisensi. Menurut mereka, hal ini bisa membahayakan konsumen. Namun, tak lama kemudian, Hakim setempat mengatakan kalau gugatan terhadap layanan Uber tersebut harus ditangguhkan, dan layanan Uber bisa beroperasi seperti sebelumnya.

Kini, pemerintah kota Berlin dan Hamburg kembali mengajukan gugatan terhadap layanan Uber yang menurut mereka tidak mempunyai izin dalam menyediakan layanan transportasi. Dan kembali, Uber pun harus menahan diri untuk beroperasi di 2 kota tersebut.

Kisah Layanan Taksi Uber di Malaysia

Senada dengan apa yang dilakukan oleh Ahok, Datuk Seri Ismail Ahmad (Direktur Jenderal Kementerian Transportasi Malaysia) juga melarang operasional layanan Uber di Kuala Lumpur, Malaysia. Menurutnya, setiap individu atau perusahaan yang menggunakan kendaraan pribadi untuk angkutan transportasi bisa mendapat sanksi dari Undang-Undang Transportasi Publik di Malaysia. Hukumannya bisa berupa denda sekitar 36 Juta Rupiah atau kurungan penjara selama 1 tahun.

Kisah Layanan Taksi Uber di Korea Selatan

Hampir sama dengan apa yang terjadi di Malaysia, layanan Uber juga dilarang keras beroperasi di kota Seoul, Korea Selatan. Kementerian Transportasi Korea Selatan langsung memerintahkan pemerintah kota Seoul untuk menindak operasional layanan Uber, terutama layanan Uber X yang memungkinkan seorang pemilik kendaraan pribadi untuk menyewakan mobilnya sebagai sebuah alat transportasi. Bahkan, hukuman yang siap ditimpakan pada Uber lebih berat dari hukuman di Malaysia, yaitu denda 240 Juta Rupiah atau kurungan penjara selama 2 tahun.

Kisah Layanan Taksi Uber di Indonesia

Operasional Taksi Uber di Jakarta

Operasional Taksi Uber di Jakarta

Sejauh ini belum ada tanda-tanda kalau Dinas Perhubungan dan Pemerintah DKI Jakarta akan mengizinkan layanan Uber untuk beroperasi secara penuh. Seharusnya, bila mengikuti kata-kata Ahok beberapa waktu yang lalu, layanan Uber belum diperbolehkan untuk beroperasi. Namun buktinya, sampai saat ini layanan Uber masih beroperasi dan belum mendapat sanksi apapun.

Tunggu kelanjutan perkembangan dari kisah layanan Uber di website kesayangan anda ini.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>