Layanan Ready-to-Cook BerryKitchen, Membuat Memasak Jadi Lebih Mudah

BerryKitchen Ready-to-Cook

Setelah sebelumnya diserbu oleh startup pencarian makanan (food discovery) seperti Zomato, Qraved, dan AbraResto, masyarakat Indonesia kini kembali mendapat serbuan berikutnya, yaitu dari startup pengiriman makanan dan barang belanjaan. HappyFresh, SukaMart, hingga Go-Jek (dengan layanan Go-Mart) pun ikut membuat layanan pengiriman barang belanjaan. Sedangkan di bisnis pengiriman makanan jadi, ada nama-nama startup seperti FoodPanda, Gorry Gourmet, dan lain-lain. Uniknya, ada sebuah startup yang sekaligus bergerak di 2 bidang di atas, yaitu BerryKitchen.

Ready-to-Cook, Solusi Bagi yang Ingin Memasak tapi Malas Berbelanja

Awalnya, BerryKitchen adalah sebuah katering online yang bisa dipesan lewat telepon atau via website. Mereka menyediakan menu makanan yang bisa dipilih, dan langsung dikirimkan ke rumah pengguna. Untuk saat ini, BerryKitchen baru melayani pelanggan di wilayah Jakarta saja.

BerryKitchen

Setelah mendapatkan pendanaan sebesar 1,25 Juta Dollar (sekitar 18 Miliar Rupiah) dari Sovereign’s Capital beberapa waktu lalu, BerryKitchen terus melakukan terobosan baik dari sisi pengembangan pasar maupun jenis layanan. Salah satu terobosan yang mereka lakukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat Jakarta terkait kuliner adalah dengan meluncurkan layanan Ready-to-cook. Dengan layanan ini, BerryKitchen bisa mengirimkan seluruh bahan mentah yang kita butuhkan untuk memasak suatu jenis makanan.

“Kami melihat bahwa banyak warga Jakarta, terutama para wanita muda, yang ingin memasak di rumah namun memiliki keterbatasan waktu untuk belanja bahan, memotong, mengukur jumlah takaran ataupun mencuci bahan-bahan makanan yang diperlukan untuk memasak,“ ujar Cynthia Tenggara, Co-Founder dan CEO BerryKitchen. “Ready-To-Cook memberikan solusi memasak yang mudah dan menyenangkan untuk dilakukan di dapur mereka sendiri.”

Sebelumnya, untuk memasak, kita harus pergi dulu ke pasar atau memesan barang belanjaan secara online dengan aplikasi lain. BerryKitchen seolah ingin menghilangkan seluruh aktivitas tersebut, dan menyediakan semuanya di dalam layanan mereka. Kita hanya perlu memilih makanan yang ingin kita masak, melakukan pembayaran, dan paket siap masak tersebut pun akan langsung dikirim ke rumah kita. Tak perlu bingung tentang bagaimana cara memasak barang belanjaan yang dikirimkan oleh BerryKitchen, karena di dalam paket tersebut juga sudah ada petunjuk tentang cara memasaknya.

Bagaimana Cara Memesan Layanan Ready-to-Cook?

Sampai saat ini, BerryKitchen baru menyediakan 12 jenis masakan untuk layanan Ready-to-Cook, mulai dari Soto Blora, Mie Goreng Jawa, hingga Sup Iga Asam Pedas. Angka ini diperkirakan akan terus bertambah, karena BerryKitchen menjanjikan tambahan 10 menu baru setiap minggunya. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 120.000. Setiap paket Ready-to-cook yang dikirimkan biasanya cukup untuk membuat 2 hingga 4 porsi makanan.

Contoh menu yang bisa dipilih di layanan Ready-to-Cook BerryKitchen

Contoh menu yang bisa dipilih di layanan Ready-to-Cook BerryKitchen

Waktu pengiriman paket Ready-to-Cook dari BerryKitchen ini adalah setiap hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 16:00 hingga 19:00. Apabila kita memesan paket 3 jam sebelum waktu pengiriman, sekitar pukul 13:00, maka paket akan dikirim pada hari itu juga. Namun apabila lewat dari jam tersebut, maka paket akan dikirim di hari berikutnya. “Segala fleksibilitas produk kami – waktu pengiriman, resep yang disesuaikan, keberagaman bahan – memberikan pengalaman memasak tersendiri bagi pelanggan kami” tambah Cynthia Tenggara.

Khusus untuk layanan Ready-to-Cook, sepengetahuan kami baru Black Garlic yang menyediakan layanan yang serupa. Namun Black Garlic punya keterbatasan dalam hal menu, karena mereka telah menentukan 3 sampai 5 menu setiap minggunya, dan kita hanya bisa memilih dari menu-menu tersebut. Untuk harga, BlackGarlic telah menentukan harga Rp 100.000 untuk kategori menu Express (porsi 2 orang), dan Rp 150.000 untuk kategori menu Family (porsi 4 orang).

BlackGarlic

Sejauh ini, BerryKitchen telah mengirimkan lebih dari 290.000 box makan siang, dengan tingkat kepuasan yang mencapai 98%. Jumlah menu yang ada di dalam layanan BerryKitchen, baik di layanan Katering, Ready-To-Eat, dan Ready-to-Cook, telah melewati angka 2.600 menu. Ini merupakan sinyal positif tentang perkembangan BerryKitchen. Bahkan, di akhir tahun 2015, BerryKitchen menyatakan kalau mereka juga akan membuat aplikasi mobile untuk memudahkan para pengguna dalam mengakses layanan mereka.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>