Laporpresiden, Upaya Mendekatkan Pemerintah dengan Rakyat

Presiden sedang membaca resume lima laporan paling populer pada bulan Juni 2015


Masih ingat dengan Kawalpemilu yang populer setahun kemarin saat pertarungan politik di negeri ini mencapai puncak keriuhannya? Jika anda tahu Kawalpemilu, maka tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu sosok yang menjadi penggagas situs tersebut yaitu Ainun Najib.

 

Satu tahun berselang, Ainun Najib yang sekarang berdomisili di Singapura kembali mengeluarkan terobosan baru yang diberi nama Laporpresiden.org.

laporpresiden8

Situs yang mendapat kehormatan untuk diperkenalkan oleh Presiden di laman Facebooknya ini memiliki fungsi pelaporan keluhan-keluhan di yang berkembang di masyarakat untuk diajukan kepada Presiden serta menerima tanggapan dari anggota masyarakat lainnya. Keluhan-keluhan ini diklasifikasikan menurut hirarki pemerintahan yaitu nasional, provinsi, kabupaten, kota, desa/kelurahan, dan kecamatan.

Pengkategorian laporan

Dari semua keluhan-keluhan ini mereka akan mendapatkan vote yang bisa membuat sebuah keluhan menjadi naik atau turun peringkatnya dibandingkan keluhan-keluhan lain. Mirip dengan sistem vote di Reddit atau Imgur.

Label/tag yang paling sering muncul

Laporpresiden sudah berjalan sekitar dua bulan. Dalam foto yang diunggah di laman Facebook Presiden, ditunjukkan Presiden sedang membaca resume laporan keluhan-keluhan yang diharapkan oleh masyarakat menjadi prioritas untuk diselesaikan oleh pemerintah.

 

Selain mencatatkan keluhan, para pengguna juga diperingkat. Mereka dinilai berdasarkan jumlah vote yang telah dia berikan dan jumlah tanggapan. Tercatat juga berapa kali seseorang memberikan vote naik dan vote turun serta sudah berapa kali pengguna tersebut menerima vote naik dan vote turun.

Laporan-laporan yang paling populer sampai tanggal 15 Juli 2015

 

Fitur-fiturnya cukup menarik. Namun sayangnya masih terdapat kendala dalam pemakaian. Saat kami mencoba login menggunakan akun Facebook kami, pada saat pertama kali gagal melakukan autentikasi. Ketika mencoba mendaftar untuk kedua kalinya, ternyata email yang digunakan sudah masuk ke dalam database Laporpresiden. Walhasil ditekanlah tombol lupa password yang sayangnya sampai saat ini email berisi petunjuk penggantian password belum masuk ke kami. Sehingga kami belum sempat mencoba untuk menyampaikan sesuatu di dalam Laporpresiden atau sekedar memberikan vote.

 

Laporpresiden sendiri oleh sebagian kalangan dinilai bersifat tumpang tindih dengan situs buatan pemerintah yaitu Lapor. Namun berdasarkan informasi yang diberikan oleh Deputi Kepala Staf Presiden dan Ainun Najib sendiri yang dikutip oleh Kompas, Lapor maupun Laporpresiden tetap mempunyai perbedaan. Antara lain status laporan yang dinilai setara pada Lapor karena akan ditindaklanjuti oleh instansi terkait, sedangkan Laporpresiden hanya menyoroti isu-isu yang bersifat makro dan itu sebabnya hanya ada lima permasalahan yang akan disampaikan setiap bulannya kepada Presiden.

 

Baik Lapor maupun Laporpresiden selayaknya mendapatkan apresiasi dari masyarakat, namun ke depannya apakah keluhan-keluhan yang muncul hanya akan menjadi sampah internet atau ditindaklanjuti oleh pihak berwenang, itu yang lebih penting untuk diperhatikan demi Indonesia yang lebih baik.

 

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>