Kisah di Balik Pembuatan MyFitnessPal

MyFitnessPal

Pada suatu hari, Mike Lee dan calon istrinya ingin melangsungkan pesta pernikahan mereka di sebuah pantai. Demi tampil menarik, mereka pun memutuskan untuk sama-sama mengurangi berat badan. Sayangnya, mereka sangat kecewa karena begitu bertemu dengan pelatih fitness, mereka hanya diberi sebuah buku daftar kalori makanan dan sebuah buku untuk mencatat asupan kalori yang mereka konsumsi setiap hari.

Mike Lee bukanlah orang sembarangan. Ia telah belajar programming sejak usia 10 tahun, dan ia pun tahu kalau rutinitas itu bisa jadi begitu mudah dengan sebuah aplikasi komputer. Ia pun mencari aplikasi seperti itu, namun ia tak menemukan satu pun yang pas dengan kebutuhannya. Jadilah ia membuat aplikasinya sendiri, MyFitnessPal.

Tapi Mike Lee membuat MyFitnessPal bukannya tanpa kesulitan. Ia sudah lama tidak berkecimpung di bidang teknis pembuatan program. Ia pun mulai mengasah kembali kemampuannya membuat program di sela-sela waktu bekerja. Tapi Lee melakukannya dengan senang, hingga akhirnya MyFitnessPal generasi pertama berhasil diluncurkan pada bulan September tahun 2005.

Awal kemunculan MyFitnessPal adalah dalam bentuk website, yang sampai sekarang masih terus dipertahankan keberadaannya. Tapi ketika iPhone muncul, Lee melihatnya sebagai sebuah peluang bisnis yang bagus. Terlebih lagi setelah melihat kemunculan berbagai jenis aplikasi untuk iPhone, Lee pun memutuskan untuk membuat aplikasi mobile untuk MyFitnessPal. Karena keterbatasannya membuat aplikasi tersebut, ia pun mengajak saudaranya, Al, untuk membantunya. Sekitar tahun 2010, aplikasi MyFitnessPal pun hadir di AppStore.

Menurut Lee, hambatan terbesar dalam pembuatan MyFitnessPal bukanlah dalam proses pembuatan aplikasi, melainkan pada proses memantapkan diri dalam membuatnya. Ia sempat ragu untuk fokus membangun MyFitnessPal. Namun akhirnya ia bisa meyakinkan diri dan kini ia bersyukur atas keputusannya tersebut. Hambatan lain yang muncul adalah bagaimana mempertahankan semangat sebagai sebuah startup yang kreatif, inovatif, dan pekerja keras, ketika mereka telah mempunyai banyak pegawai.

Walau sebenarnya sudah berhasil membuat aplikasi yang menguntungkan, Lee masih belum puas. Hasilnya, MyFitnessPal mendapat pendanaan perdana mereka di bulan Agustus 2013. Dengan uang itu, Lee menambah karyawan agar bisa lebih cepat mengembangkan fitur-fitur baru. Bulan lalu mereka pun mengakuisisi Sessions, sebuah aplikasi yang memasangkan pengguna dengan seorang pelatih fisik.

Sampai saat ini Lee masih sedikit menyesal, mengapa ia tidak lebih cepat membuat MyFitnessPal. Bagaimana dengan kita, sudahkah sedini mungkin melakukan atau membuat hal yang bermanfaat?

Sumber Gambar : facebook.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>