Kesan Pertama Xiaomi Mi4i

Lama tidak kunjung datang, Xiaomi Mi4 nampaknya batal urung tampil di pasar smartphone Indonesia. Pasalnya sang adik Mi4i yang belum lama meluncur telah hadir duluan di sini. Selain itu, kali ini Xiaomi menangani langsung penjualan Mi4i melalui websitenya tanpa melalui Lazada seperti produk-produk sebelumnya. Nah, bagaimanakah penampakan Mi4i yang ciamik ini? Lanjut membaca untuk mengetahui kesan pertama Xiaomi Mi4i.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi4i

mi4iDijual langsung via mi.com/id, Xiaomi Mi4i ini juga bisa didapatkan dengan pilihan CoD – atau cash on delivery. Redaksi aitinesia cukup beruntung bisa menjumpai smartphone terbaru dari Xiaomi yang mulai nge-hits ini.

Sebelum melihat penampakan aslinya, mari kita bahas titik berat spesifikasi yang diunggulkan Xiaomi pada Mi4i kali ini. Dengan prosesor jagoan Qualcomm untuk kelas menengah, chipset Snapdragon 615 generasi kedua bertanggung jawab terhadap proses yang terjadi pada Mi4i. Didukung dengan RAM sebesar 2GB dan sistem operasi Android L – dengan MIUI versi 6 – menjanjikan pengalaman penggunaan yang mulus. Urusan kamera Mi4i memiliki sensor buatan Sony dengan apertur f/2.0 dan kapasitas 13MP. Selain itu Mi4i juga telah dilengkapi dengan jaringan 4G dan memiliki fitur dual sim – sebuah fitur yang jarang ditemukan pada perangkat berprosesor Snapdragon (Selain ini dan Mi Note).

Meski telah didukung oleh baterai sebesar 3.120mAh, kover belakang Mi4i sayangnya tidak bisa dilepas. Berbeda dengan Mi4 yang masih dapat dilepas dan diganti dengan cover bercorak lain.

Spesifikasi tersebut cukup menggiurkan dengan harga Rp.2.799.000. Meski demikian Xiaomi Mi4i bukan tanpa lawan. Ada ZTE Blade s6 yang memiliki spesifikasi dan harga serupa, dan juga Asus Zenfone 2 yang tidak mau ketinggalan.

Kesan Pertama Xiaomi Mi4i

Saat tiba, Xiaomi Mi4i tidak berbeda dengan produk-produk Xiaomi terdahulu dalam hal kemasan. Sebuah kardus yang tampaknya murah dengan logo ‘mi’ di sudut depan serta keterangan spesifikasi di bagian belakang. Di dalamnya dapat ditemukan ponsel, charger, kabel data, dan dokumen-dokumen seperti buku manual.

Xiaomi Mi4i

Kesan pertama ketika memegang Mi4i adalah kualitas bangun (build quality) yang luar biasa. Tidak kalah dengan smartphone premium dengan banderol di atas 5 juta.

Tampak Depan Mi4iDengan konsep unibody, Mi4i terlihat elegan dengan bagian belakang berwarna putih yang terlihat menyelimuti tubuh hingga tampak dari depan.Bentuk persegi dengan sudut melengkung sekilas mengingatkan kita dengan iPhone 5C, namun secara keseluruhan Mi4i tetap terlihat berbeda dan unik.

Bingkai kiri dan kanan yang menyelimuti layar 4,95 inci ini memang tidak bisa dibilang yang paling tipis, namun cukup tipis untuk terlihat elegan. Selain itu dapat kita lihat bahwa Mi4i masih mengadopsi tombol kapasitif (belum menggunakan on-screen button).

Tampak Belakang Mi4iBagian belakang Mi4i terlihat cukup sederhana dengan kamera dan dual-flash di pojok kiri atas serta logo dan beberapa tulisan di tengah bawah. Lubang speaker juga bisa kita lihat berada di bagian bawah cover belakang. Berbeda dengan Mi4 yang meletakan speaker di sisi bawah, suara akan terdengar teredam jika kita memainkan musik dengan muka menghadap ke atas.

Tampak Belakang Mi4i

Yang perlu di garis bawahi adalah kualitas cover belakang Mi4i yang terasa begitu halus ketika disentuh. Senada dengan cover belakang OnePlus One yang berwarna putih. Saya pribadi lebih menyukai tekstur seperti ini dibandingkan tekstur plastik glossy yang banyak ditemukan. Hal ini tidak hanya mencegah kekotoran dari bercak sidik jari, namun juga mencegah jatuh tidak sengaja karena licin.

Tampak Samping Mi4i

 

Pada tampak samping kiri, terlihat tempat untuk memasukkan sim card. Kedua sim card dapat dimasukkan melalui slot ini. Namun untuk membukanya diperlukan sebuah alat bantu – yang juga disertakan di dalam paket penjualan Mi4i.

Tampak Samping Mi4iPada sisi samping kanan terdapat dua tombol, tombol on/off dan tombol pengatur volume, yang diklaim Xiaomi dibuat dari bahan stainless steel.

Tampak Bawah Mi4i

Pada bagian bawah terdapat colokan untuk micro USB serta lubang microphone.

Tampak Atas Mi4iBagian atas juga tidak kalah sederhana. Hanya satu buah lubang untuk earphone dan tidak ada lagi yang lain. Sayangnya earphone piston Xiaomi tidak disertakan dalam paket penjualan :D.

Nah, demikian kesan pertama kami mengenai Xiaomi Mi4i. Sebuah smartphone Android yang ciamik dengan kualitas bangun yang premium. Layak dipertimbangkan jika Anda sedang mencari pengganti smartphone Android Anda dengan harga di bawah tiga juta.

 

 

Terima kasih telah membaca.

 

Referensi: mi.com/id

 

 

 

 

 

 

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>