Kehidupan Tablet Android di Tahun 2014

Lenovo YogaSepanjang tahun 2013, para pejuang Android di pasar tablet dunia tampak cukup sukses ‘mengeroyok’ iPad. Dipimpin oleh Samsung dan Asus, para produsen tablet dunia benar-benar mengerahkan semua ide-ide kreatif mereka untuk menandingi tablet buatan Apple tersebut. Tak hanya dari sisi hardware dan aplikasi di dalam tablet, ide kreatif juga mereka tuangkan dalam desain tablet itu sendiri, seperti yang dilakukan Lenovo ketika membuat Lenovo Yoga.

Pertanyaannya, akan seperti apa mereka nanti di tahun 2014?

Samsung

Suka atau tidak, Samsung telah unggul di pasar device berbasis Android. Sayangnya, Samsung terkesan biasa-biasa saja untuk pasar tablet selama 2013. Mereka lebih condong untuk mengembangkan Galaxy S atau Galaxy Note. Tapi di tahun 2014, rasanya itu semua akan (dan harus) berubah. Bahkan di awal tahun ini, berhembus kabar kalau Samsung akan merilis 4 tablet sekaligus. Koq banyak sekali? Seperti biasa, Samsung memang mempunyai strategi untuk menembus sebanyak mungkin masyarakat dengan kualitas dan harga tablet yang berbeda-beda. Semuanya bertujuan untuk bisa menguasai pasar dalam waktu singkat.

Kabar yang paling kuat adalah tentang peluncuran Galaxy Tab Pro dan Galaxy Note Pro, yang masing-masing akan berukuran 12.2 inchi. Dengan fitur-fitur unggulan seperti TouchWiz dan S-Pen, produsen lain patut khawatir. Namun bila nantinya Samsung tidak begitu serius, dengan hanya mengeluarkan generasi baru dari Galaxy Tab misalnya, maka produsen lain bisa mengambil kesempatan di pasar tablet.

Google

Sejak tahun 2012, Google terus merusak harga pasar tablet dengan meluncurkan device mumpuni berharga murah. Tahun 2013 Google sedikit menaikkan harga tablet Nexus mereka yang berukuran 7 inchi, tapi tetap diminati dan bisa bersaing dengan produk-produk lain. Persaingan yang ketat dengan Amazon dan Apple, yang terus mengeluarkan generasi terbaru tablet mereka setiap tahun, memaksa Google untuk melakukan hal serupa. Walaupun mungkin tidak akan ada perubahan yang berarti di setiap generasi terbaru, berbekal nama besar Google, Nexus 7 pasti akan selalu dinanti.

Yang menarik adalah apakah Google akan mengeluarkan kembali Nexus 10, setelah sebelumnya sempat (seperti) berhenti memproduksi produk tersebut. Kalau akhirnya generasi terbaru Nexus 10 juga akan keluar pada 2014, nampaknya persaingan tablet akan semakin menarik lagi.

Lenovo

Pada 2013, Lenovo mengeluarkan tablet dengan desain yang menarik, bernama Yoga 8 dan Yoga 10. Memang tidak seperti yang diimpikan banyak orang, namun produk tersebut cukup membangkitkan gairah di pasar tablet dunia. Nah, di tahun 2014 ini Lenovo diharapkan bisa memberikan variasi produk yang lebih menarik, siapa tahu nantinya mereka bisa mendobrak dominasi produsen-produsen tablet yang lain.

Microsoft

Android memang telah menjadi platform yang menyenangkan bagi para gamer. Ratusan game menarik bisa langsung di-download dengan cepat dan langsung dimainkan. Di sisi lain, Android masih memiliki kekurangan bila digunakan untuk bekerja, tidak senyaman bila kita menggunakan Windows Phone. Sebaliknya, Windows Phone (walaupun mereka punya kedekatan dengan XBox) tidak cukup bisa mengambil hati para gamer. Solusinya? Microsoft membuat sebuah tablet hybrid, di mana kita bisa dengan mudah melakukan switch antara Android dan Windows Phone, sesuai dengan apa yang akan kita lakukan pada suatu waktu.

Asus

Nah, kalau produsen yang satu ini tampaknya akan sangat berhasil dengan pengembangan tablet hybrid mereka. Saat ini mereka telah sukses dengan tablet Transformer, dan di tahun 2014 mereka dikabarkan akan membuat tablet Android yang bisa menjalankan Windows, dan sebaliknya. Menariknya, tablet ini digadang-gadang akan jauh lebih baik daripada produk Microsoft dan Google. Mari menunggu peluncurannya dalam waktu dekat.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>