Kaskus New … Antara Hidup Dan Mati

Pada tanggal 22 Oktober 2012 kemarin, Forum Kaskus secara resmi meluncurkan versi terbarunya, Kaskus New. Setelah menutup Kaskus versi lama (Kaskus Old) selama 2 hari, kini Kaskus hadir dengan aplikasi baru, database baru, dan tentu saja tampilan baru.

Rencana Forum Online Terbesar di Indonesia ini untuk bermigrasi sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Jumlah pengguna dan volume data yang terus meningkat diperkirakan tak akan mampu lagi ditampung oleh Kaskus Old dalam beberapa tahun ke depan. Sebagai catatan, software yang selama ini dipakai adalah software vBulletin yang walau telah banyak dimodifikasi namun tetap mempunyai banyak kekurangan. Waktu 13 tahun telah terlewati, sudah saatnya untuk mengistirahatkan ‘mesin tua’ tersebut.

Akhirnya, Kaskus pun memperkenalkan Kaskus New ini dalam bentuk Live Beta beberapa bulan yang lalu. Di awal peluncurannya, Kaskus mengizinkan beberapa pengguna terpilih untuk mengakses Kaskus New, yang berjalan secara paralel dengan Kaskus Old. Selain untuk membiasakan para pengguna dengan tampilan dan fungsi-fungsi baru, proses ini pun membuat bug-bug yang terdapat dalam software baru ini bisa cepat terdeteksi. Kini, Kaskus hanya bisa diakses dengan software baru. Adapun Kaskus Old, masih bisa diakses dengan status Read-Only lewat alamat http://old.kaskus.co.id .

Tanggapan beragam pun datang dari para pengguna terkait Kaskus New ini, baik di Page Kritik, Saran, dan Pertanyaan Soal Kaskus, maupun di sosial media lain seperti Facebook dan Twitter. Ada yang mengeluhkan tampilan Kaskus New yang dianggap tidak nyaman di mata serta terkesan ‘berat’, menghabiskan bandwith pengguna yang mayoritas mempunyai keterbatasan kuota internet. Beberapa pengguna lain protes soal akses ke Kaskus New yang sering terputus atau teralihkan ke Kaskus Old secara tiba-tiba.

Belum lagi, penyakit lama Kaskus yang seringkali ‘kepenuhan’ kelihatannya masih belum bisa teratasi di Kaskus New ini. Kaskus New yang katanya memiliki database baru tampaknya belum bisa memenuhi trafik tinggi seluruh penggunanya. Bila terus-terusan seperti ini, bukannya kemajuan yang akan diraih oleh Kaskus lewat software terbarunya, melainkan kemunduran, alih-alih menghilangnya para pengguna setia yang berpindah ke forum atau portal sosial media yang lain.

Pihak manajemen Kaskus berkali-kali meminta para pengguna untuk bersabar dan tetap ‘ngaskus’ seperti biasa, terlepas dari semua gangguan ini. Pengguna Kaskus memang selama ini cukup setia dalam menghadapi berbagai masalah yang menerpa Kaskus, serangan DDoS yang sempat menghapus banyak sekali thread di Kaskus beberapa tahun lalu sepertinya cukup menjadi bukti. Namun, Kaskus tentu saja tak bisa hanya diam dan mengabaikan semua keluhan itu, para programmer Kaskus dituntut untuk bisa menyelesaikan semua gangguan tersebut secepat mungkin. Bila gagal, trafik tinggi yang selama ini dinikmati oleh Kaskus bisa jadi taruhannya.

Bagaimana kelanjutan Kaskus New ini? Mari kita tunggu bersama gan … :beer:

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>