KapanLagi Network Jalin Kerjasama dengan Oomph, Google Play-nya Indonesia

KapanLagi Network

Salah satu unsur penting yang membuat sebuah media online menjadi populer, adalah banyaknya platform tempat mereka bernaung. Internet merupakan sebuah tempat yang sangat ramai, bagai sebuah lautan yang sangat luas, sehingga sangat kecil kemungkinan orang bisa menemukan artikel atau konten tertentu dari sebuah media online tanpa sengaja. Dengan hadir di sebanyak mungkin platform, potensi penemuan konten akan menjadi lebih tinggi, yang akhirnya membuat pageview dan popularitas media online tersebut pun makin meningkat.

Hal ini dipahami betul oleh KapanLagi Network (KLN), perusahaan media online terbesar di Indonesia, tempat bernaung website-website ternama seperti KapanLagi, Merdeka, Muvila, Fimela, dan Bola Net. Karena itu, pada tanggal 9 Oktober 2015 kemarin, mereka pun mengumumkan kerja sama dengan sebuah perusahaan penyedia konten khusus untuk perangkat Android, yang bernama Oomph.

Siapa itu Oomph?

Jangan kaget kalau para pembaca mencari nama Oomph di Google, yang pertama kali akan kalian temukan adalah sebuah grup band lawas asal kota Wolfsburg, Jerman. Namun bukan Oomph itu yang kita bicarakan. Oomph yang kita bahas di sini adalah sebuah penyedia konten perangkat Android terdepan di Indonesia. Anda pasti tahu Google Play, yang merupakan pasar aplikasi Android terbesar di dunia, karena memang aplikasinya langsung ada di semua perangkat Android. Nah, Oomph ini juga sama dengan Google Play, hanya saja ia dikembangkan khusus untuk para pengguna Android di Indonesia.

Oomph

Pada bulan Februari kemarin, Oomph telah mendapatkan investasi tahap awal dari IMJ Investment Partners, dalam jumlah yang tidak disebutkan. Sejak saat itu, pengguna Oomph pun terus bertambah, hingga sampai ke angka 7 juta pengguna aktif yang terdaftar saat ini. Angka ini masih jauh dari angka 30 juta pengguna Android di Indonesia yang mereka incar. Dengan komunitas developer yang terus berkembang, dan lebih dari 13 merek media yang sudah masuk ke layanan mereka, Oomph akan terus berusaha untuk menjangkau sebanyak mungkin pengguna.

Perjalanan mereka diprediksi akan cukup berat, karena di Indonesia sendiri sudah ada MoboMarket buatan Baidu, dan aplikasi GudangApp milik provider XL Axiata, yang juga menjalankan bisnis yang sama. Apalagi salah satu keunggulan mereka, di mana pengguna bisa membeli aplikasi dengan pulsa telepon, kini sudah dijalankan pula oleh Google Play. Perlu strategi khusus agar Oomph bisa bersaing di pertarungan David vs Goliath ini.

Apa yang Diharapkan KapanLagi Network Dari Oomph?

“Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan KapanLagi Network sebagai salah satu portal media terbesar di Indonesia. Selain menambahkan konten, kami berharap para pengguna juga akan menghabiskan waktu lebih banyak bereksplorasi di dalam aplikasi kami,” begitu ujar Arthur Chua, Co-Founder dan CEO Oomph kepada redaksi Aitinesia. Hal ini memang merupakan kerja sama yang saling menguntungkan, sebuah simbiosis mutualisme. KapanLagi Network bisa masuk ke pasar pengguna Android yang kini dimiliki oleh Oomph, sedangkan Oomph juga bisa membuat para pengguna menjadi lebih nyaman dengan aplikasi mereka berkat konten-konten menarik milik KapanLagi Network. Sebagai informasi, saat ini KapanLagi Network mendapatkan kunjungan dari 68 Juta pembaca setiap bulannya

Menurut Billy Suryajaya, Chief Operating Officer (COO) dari KapanLagi Network, hadirnya KapanLagi Network menjadi partner Oomph akan memberikan pengalaman yang baru bagi para pengguna Oomph. Kini, mereka bisa membaca konten-konten menarik khas KapanLagi Network, sambil terus melihat-lihat dan berbelanja aplikasi-aplikasi baru di platform Oomph. Ini diharapkan bisa menjadi pembeda yang khas antara Oomph dengan penyedia aplikasi lain, seperti Google Play.

Seiring dengan makin tingginya penetrasi smartphone di Indonesia, perjalanan Oomph bersama KapanLagi Network pun diharapkan bisa berjalan positif.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>