Kapan Yahoo! Akan Berhenti Belanja?

Qwiki YahooBersama Marissa Mayer, Yahoo! terus menggeliat di jagad startup dunia.Seakan tak cukup dengan belasan startup (termasuk Tumblr, pembelian terbaru mereka senilai $ 1.1 Milyar), Yahoo! tak juga menghentikan aktivitas belanja mereka.

Qwiki, sebuah startup asal New York yang berfungsi untuk membuat video di iPhone, baru saja menjadi pembelian ke-15 Yahoo! sejak Marissa Mayer menjadi CEO. Harga pembelian Qwiki tidak disebutkan dengan jelas, namun diperkirakan mencapai $ 50 Juta. Dengan Qwiki, pengguna bisa menambahkan gambar, menambahkan lagu dari iTunes, kemudian menggabungkannya menjadi sebuah video. Untuk pengembangan aplikasi ini, Qwiki sempat bekerja sama dengan ABC News. Aplikasi ini sudah ada di iPhone dan iPad, dan tinggal menunggu waktu untuk hadir di Android. Nantinya, Qwiki akan hidup bersama Yahoo! dan tim yang berada di balik Qwiki juga akan bekerja di kantor Yahoo! yang ada di New York.

Dari pembelian-pembelian tersebut, kita bisa melihat arah bisnis Yahoo! yang lebih condong ke aplikasi mobile. Sebelum membeli Qwiki, mereka juga telah membeli Bignoggins (aplikasi mobile untuk Fantasy Sport) dan GhostBird (aplikasi mobile untuk Photo Editing). Dengan merambah dunia aplikasi mobile, sepertinya Yahoo! berniat untuk menjadi ancaman serius bagi para raksasa seperti Google dan Facebook.

Dengan sekian banyak uang yang dikeluarkan untuk mengakuisisi startup, sampai saat ini Marissa Mayer (baru) berhasil menaikkan pendapatan Yahoo! sebesar 62%. Perubahan besar yang direncanakan Mayer jelas belum tercapai, dan angka itu belum cukup. Bila keadaan ini terus berlanjut (alih-alih menjadi sukses), tentu Yahoo! harus berhenti berbelanja dan menginvestasikan uang secara berlebihan. Pertanyaannya, kapan sukses itu akan datang, atau kapan Yahoo! (pada akhirnya) berhenti berbelanja?

UPDATE : Tampaknya Yahoo! belum (bisa) berhenti menghamburkan uang, mereka baru saja mengumumkan pembelian Xobni, sebuah contact management dengan harga mencapai $ 60 Juta.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>