Jual Smartphone Murah, Dari Mana Xiaomi Mendapat Keuntungan? – Bagian 3

Xiaomi 1

Siapa yang saat ini tidak mengenal Xiaomi? Ia adalah sebuah fenomena baru, tidak hanya di Indonesia dan Asia, melainkan juga di seluruh dunia. Saat ini, mereka merupakan produsen smartphone nomor 3 di dunia, di bawah Samsung dan Apple. Hal ini menjadikan Xiaomi sebagai salah satu brand smartphone yang paling sering dibicarakan di seluruh dunia. Hampir seluruh produk mereka, baik Redmi 1S, Redmi Note, Mi 3, dan lain-lain, laris manis di pasaran, dan terjual habis hanya dalam hitungan menit.

Xiaomi, Perusahaan Smartphone atau Perusahaan Internet?

Xiaomi sering diidentikkan sebagai Apple-nya Asia. Hal ini bukan tanpa dasar, karena banyak kasus di mana atribut-atribut Xiaomi nampak begitu mirip dengan apa yang pernah dibuat oleh Apple. Bahkan, Lei Jun, sang Chief Executive Officer (CEO) dari Xiaomi, sering mengenakan kaos hitam ketika mengenalkan produk barunya, yang mengingatkan kita akan busana yang dikenakan oleh Steve Jobs ketika mengenalkan produk-produk baru Apple.

Identiknya Lei Jun dan Steve Jobs Saat Mengenalkan Produk

Identiknya Lei Jun dan Steve Jobs Saat Mengenalkan Produk

Hal ini membuat Xiaomi dikenal sebagai sebuah perusahaan smartphone. Anehnya, dalam sebuah wawancara, Lei Jun pernah mengatakan:

“Sebenarnya kami adalah perusahaan intenet. Kami telah mempunyai bisnis penjualan ponsel, dan kami ingin menambahkan platform internet di dalamnya. Kami bisa mendapatkan uang dari situ, ketika hal itu telah resmi diluncurkan.”

Pernyataan ini mungkin ada benarnya, karena berbeda dengan produsen-produsen yang lain, Xiaomi tampaknya juga begitu gencar mengenalkan layanan-layanan mereka yang berupa software. Mereka mempercantik sistem operasi Android di smartphone mereka dengan MIUI, dan mereka juga punya fasilitas Chat lewat Mi Account. Namun bila melihat total keuntungan mereka yang mencapai sekitar 560 Juta Dollar, 92% berasal dari penjualan produk. Jadi, untuk saat ini, Xiaomi jelas merupakan perusahaan smartphone, bukan perusahaan internet. Namun ketika semua platform internet dan software yang mereka inginkan sudah terbentuk, Xiaomi juga punya potensi untuk berubah menjadi perusahaan internet seperti Google dan Facebook.

Dari Mana Xiaomi Mendapat Keuntungan?

Nah, mungkin inilah pertanyaan yang paling sering ditanyakan mengenai Xiaomi. Bagaimana Xiaomi mendapat keuntungan yang besar, sekalipun menjual smartphone dengan harga yang murah? Sebagian hal yang kami jelaskan di sini telah kami sampaikan sebelumnya di Bagian 1 dan Bagian 2 tentang penjelasan bisnis Xiaomi.

1. Penurunan Harga Komponen Elektronik

Di dunia teknologi, penurunan harga sebuah komponen bisa terjadi begitu cepat. Karena itu, sebuah smartphone yang di awal kemunculannya hanya mempunyai margin keuntungan yang kecil, bisa memberikan keuntungan yang besar bila diproduksi dan dijual beberapa bulan setelahnya.

2. Mengurangi Biaya Marketing

Di mana anda bisa menemukan baliho besar yang bergambar Xiaomi? Kalaupun ada, itu dibuat oleh website jual beli yang memang ingin menjual produk Xiaomi. Lebih dari itu, Xiaomi tidak mengeluarkan biaya marketing yang begitu besar, bahkan mendekati angka 0 (nol). Mereka sengaja membuat produk yang membangkitkan rasa ingin tahu dari para penggemar teknologi (kalangan tech savvy), yang dengan sendirinya akan menceritakan Xiaomi kepada orang lain.

3. Memutus Jalur Distribusi

Seperti yang kita tahu, jalur distribusi yang panjang bisa mengurangi keuntungan. Namun jalur tersebut sangat dibutuhkan agar sebuah produk bisa lebih banyak terjual. Namun Xiaomi tidak membutuhkan hal itu, karena mereka telah mempunyai para penggemar teknologi, yang tanpa sadar telah berperan dalam mempopulerkan Xiaomi. Karena itu, Xiaomi pun berani untuk menjual produk mereka secara langsung.

Xiaomi Redmi Note

Untuk meningkatkan penjualan, Xiaomi juga selalu bertahan untuk menjualnya dengan metode Flash Sale, di mana penjualan berlangsung secara online, dalam jumlah terbatas, yang biasanya akan langsung habis hanya dalam hitungan detik atau menit. Secara finansial, ini juga merupakan suatu keuntungan, karena hanya sedikit sekali produk Xiaomi yang tidak laku terjual. Dengan begitu, kerugian bisa ditekan, dan keuntungan bisa semakin ditingkatkan.

Jadi, anda sudah tahu dari mana keuntungan sebesar 560 Juta Dollar yang didapatkan Xiaomi? Dengan strategi seperti ini, tak heran jika dalam beberapa tahun ke depan, keuntungan mereka akan bertambah beberapa kali lipat.

Sumber:

  1. http://www.businessinsider.com/ceo-of-chinas-apple-xiaomi-lei-jun-2013-8?IR=T&
  2. http://e27.co/weekly-cornerplay-xiaomi-makes-a-lot-of-money-from-smartphones-20141117/
  3. http://cornerplay.com/2014/08/08/xiaomi-oneplus-blueprint/
  4. http://9to5mac.com/2014/11/20/xiaomi-thinks-it-can-top-apple/

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>