Jolla – Launching Smartphone Pertama

JollaMasih ingat dengan Jolla? Kami pernah membahasnya di sini. MeeGo, startup yang bertanggung jawab memproduksi merek smartphone baru ini akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi kalau mereka akan meluncurkan smartphone Jolla pertama pada tanggal 27 November 2013. Penjualan itu akan bekerja sama dengan DNA, sebuah perusahaan jaringan di Finlandia yang telah menjadi mitra mereka sejak bulan November tahun lalu.

Startup asal Finlandia itu mengemukakan hal tersebut saat berlangsungnya Konferensi Slush di Helsinki. Mereka mengatakan kalau untuk awal, mereka baru akan menjual 450 device saja. Penjualan ini juga akan mengutamakan para pembeli yang telah melakukan pre-order  di awal tahun ini. Para pembeli yang terpilih akan diundang untuk menghadiri launching pada tanggal 27 November untuk selanjutnya melakukan pembayaran sebelum membawa pulang smartphone yang menggunakan platform Sailfish OS tersebut.

Ribuan pengguna smartphone di Finlandia dikabarkan telah memesan smartphone baru tersebut. Pada tahap pertama ini, dikabarkan kalau MeeGo telah memproduksi lebih dari 50.000 device yang telah siap jual.

“Jolla telah mengundang perhatian banyak orang, karena ide dasar pengembangan Jolla adalah menyelaraskan smartphone dengan jiwa pengguna,” ujar Cedric Kamtsan, Direktur Bisnis DNA.

“DNA telah berkolaborasi dengan kita untuk menghadirkan kemauan konsumen dalam pengembangan produk ini. Seiring dengan peluncuran Jolla yang kian dekat, kami akan lebih mendekatkan diri dengan konsumen. Ini bukanlah akhir, melainkan awal pengembangan produk ini untuk memuaskan keinginan konsumen,” tambah Tomi Pienimaki, CEO Jolla.

Smartphone pertama Jolla memiliki Estrade display berukuran 4.5”, sebuah chip dual-core, teknologi 4G, memori internal 16GB dan slot memory card, kamera auto-fokus 8 MP, dan tutup bagian belakang yang bisa diganti-ganti sesuai keinginan pengguna.

MeeGo sendiri sebenarnya diprakarsai oleh para mantan pegawai Nokia yang kecewa dengan kebijakan perusahaan tersebut yang tak mau berpaling dari platform Windows Phone. Mereka akhirnya memisahkan diri dan membangun Jolla. Mereka mengatakan kalau mereka baru akan fokus untuk penjualan di Finlandia. Namun dukungan dari luar negeri malah sudah berdatangan. Dikabarkan sudah ada calon investor dari China yang siap menggelontorkan uang sebesar 200 Juta Euro untuk pengembangan Jolla.

Akankah Jolla bisa bersaing dengan pemain besar lain di dunia Smartphone? Kita lihat saja.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>