Jadi Pilih PC atau Notebook?

laptop vs pc

sebagai orang yang sudah lama dan lumayan lama di dunia IT pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh penulis (dan sebagian banyak orang) adalah “eh spek komputer yang bagus buat gw apaan sih?” atau “eh laptop merek “X” bagus gak buat main game, dll?”. Penulis sendiri sampai bosan ditanyakan hal yang sama berulang-ulang. 

karena itulah saya akan memberikan sedikit refrensi untuk kalian semua yang seringkali bingung harus menjawab spesifikasi komputer yang lumayan baik namun berada di range harga yang tidak terlalu tinggi.

contoh kasus:

Tuan “A” mempunyai budget 6 sampai 6,5 juta rupiah. A menginginkan PC atau Notebook yang bisa digunakan untuk mengetik, browsing, editing foto dengan aplikasi Photoshop, mengedit video dengan Premier Pro, dan bisa memainkan beberapa game menengah seperti Pro Evolution Soccer 2015 dan DOTA 2. namun tuan A tidak mempermasalahkan komputer tersebut dapat dibawa-bawa kemana mana.

dari kasus diatas maka saya akan membuat simulasi untuk menentukan komponen yang tepat untuk PC yang akan dirakit dan Notebook yang memiliki range harga sesuai dengan keinginan tuan “A”.

Pilihan untuk notebook:

Asus A455ld

asus a45ld

Processor Intel Core I3 4030U 1,9 GHz
Layar 14″ 1366 x 768
RAM 2 GB
Hard Drive 500 GB
VGA Intel HD 4400 dan Nvidia Geforce GT820m 2GB
DVD-RW, Camera, Wifi Antena, Mouse & Keyboard

harga saat ini: 5,8 – 6 juta rupiah

Pilihan Untuk PC

Processor Intel Core i3 4130 3,4 GHz
Motherboard Asus H81M-C
RAM 2 GB DDR3 Vgen
Hard Drive WDC 500 GB Caviar Blue
VGA Intel HD 4400 dan Asus Nvidia Geforce GT730 2GB TWEAK 128 bit
Casing Dazumba D-Vito 681 + PSU 450 watt
DVD – RW LG 24x
Mouse Logitech MK120 combo
Wifi TP-Link Antena
Layar Asus VH168d 15,6″ 1366×768

Total harga saat ini: 5,8 juta rupiah

* saya sengaja memilih beberapa produk keluaran asus pada spesifikasi PC agar kualitas pada PC dan Notebookbisa sama karena berasal dari merek yang sama

dari kedua konfigurasi PC dan Notebook diatas memang spesifikasi PC terlihat lebih mumpuni dibanding dengan Notebook yang memiliki selisih harga yang besar. namun kebutuhan listrik pada pc lebih besar dibandingkan dengan Notebook, dan notebook yang lebih mudah untuk dibawa-bawa.

Irfan Bintoro

just a passing trough college student who like to talk about technology, games and anime

More Posts

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle Plus

2 Responses

  1. Edhi says:

    Sy pny xiomi4, kmrn jatuh dan layar retak jd g bs dpake. Dmana tp utk perbaiki x4 sy? Brp biaya? Dan apakah bs normal? Saya tinggal di solo. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>