iPhone 6S dan iPhone 6S Plus Resmi Diluncurkan, Akankah Melengkung Lagi?

image

Mari kita istirahat sejenak dari pembahasan tentang pelanggaran privasi yang dilakukan penyedia layanan ojek online, dan beralih ke berita Gadget. Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya, Apple pun merilis produk-produk terbaru mereka tadi malam (9/9). Dan fokus perhatian para undangan yang hadir jelas tertuju kepada produk iPhone terbaru yang diberi nama iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Secara umum, tidak ada banyak perubahan dari iPhone 6 ke iPhone 6S baik dalam hal ukuran layar (4,7 inchi) maupun kapasitas memori internal. Untuk ukuran RAM, Apple pun belum memberikan bocoran berapa kapasitas RAM di iPhone 6S. Namun ada banyak hal menarik dari produk anyar dari Apple ini, apa saja?

Tak Akan Ada Lagi Kasus #Bendgate Untuk iPhone 6S?

Setelah peluncuran iPhone 6 pada tahun lalu, muncul sebuah isu tidak sedap terkait body iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang katanya bisa jadi melengkung dan rusak apabila diletakkan di kantong celana kita. Saat itu, muncullah istilah #Bendgate yang akhirnya digunakan produsen-produsen smartphone lain untuk ‘menyerang’ Apple. Namun Apple berdalih kalau dalam kondisi ekstrim memang hal itu bisa terjadi, namun tidak akan terjadi dalam kondisi normal. Apple bahkan sampai mengundang para jurnalis untuk melihat langsung bagaimana mereka melakukan pengetesan terhadap sebuah smartphone. Apapun yang dikatakan Apple, isu #Bendgate seperti tak mampu diredam dan terus meluas.

image

Seperti sadar akan hal tersebut, dalam peluncuran iPhone 6S tadi malam, Apple menekankan bahan yang mereka gunakan untuk body produk terbaru mereka. Body iPhone 6S disebut-sebut menggunakan bahan aluminium khusus, dan layar iPhone 6S juga dilengkapi dengan lapisan pelindung Ion-X, yang juga digunakan Apple untuk Apple Watch. Perubahan ini dinilai merupakan langkah Apple untuk mencegah terulangnya kasus #Bendgate. Walaupun, akhirnya iPhone 6S ini jadi sedikit lebih berat daripada iPhone 6.

3D Touch, Sebuah Fitur Lama Namun Baru

Di dalam iPhone 6S, Apple telah membuat sebuah fitur baru yang diberi nama 3D Touch. Dengan fitur ini, iPhone 6S bisa membedakan apakah pengguna benar-benar ‘menekan’ layar atau hanya ‘menyentuh’ layar. Perbedaan jenis interaksi tersebut juga akan memberikan fungsi yang berbeda. Contohnya di dalam aplikasi Mail, apabila kita hanya menyentuh dengan ringan (disebut dengan Peek), maka akan muncul preview email, namun apabila kita benar-benar menekan layar (disebut dengan Pop), maka kita akan membuka email tersebut. Fitur 3D Touch dengan Peek dan Pop-nya juga sudah diaplikasikan oleh beberapa aplikasi populer, seperti Facebook, Instagram, WeChat, dan DropBox.

image

Apakah fitur ini merupakan barang baru? Secara nama, memang Apple baru memasukkan fitur ini untuk iPhone 6S, tapi sebenarnya Apple telah memasukkan fitur serupa ke dalam Apple Watch, hanya saja waktu itu namanya adalah Force Touch. 2 fitur ini sebenarnya menggunakan teknologi yang sama, namun memang 3D Touch ini sudah sedikit lebih canggih daripada Force Touch.

Sejak 2011, Baru Kali Ini Apple Menaikkan Kualitas Kameranya

Terakhir kali Apple meningkatkan kualitas kameranya dari 5 megapiksel ke 8 megapiksel adalah ketika mereka meluncurkan iPhone 4S pada tahun 2011. Setelah itu, hingga mereka meluncurkan iPhone 6 pada tahun lalu, semua produk iPhone masih menggunakan kamera 8 megapiksel. Baru di iPhone 6S ini, Apple akhirnya memakai kamera 12 megapiksel, yang juga dilengkapi dengan kemampuan merekam video beresolusi 4K. Hal menarik lain dari kemampuan fotografi iPhone 6S adalah apabila kita mengambil foto selfie dengan kamera depan, layar iPhone 6S pun seketika bisa menjadi blitz yang bersinar sangat terang. Warna dari blitz tersebut pun bisa bermacam-macam, tergantung dari kondisi pencahayaan di sekitar kita.

image

Dari sisi dapur pacu iPhone 6S, Apple pun menggunakan prosesor terbaru mereka, yaitu A9. Prosesor ini diyakini mampu memberikan performa yang lebih mumpuni, baik dari sisi pengolahan data maupun pengolahan grafis. Sistem operasi yang akan dipakai oleh iPhone 6S ini adalah iOS 9, yang baru akan dirilis pada tanggal 16 September nanti. iPhone 6S Plus sendiri tidak jauh berbeda dengan iPhone 6S, hanya layarnya saja yang lebih besar. Spesifikasi kamera, prosesor, sampai bahan yang digunakan untuk membuat bodynya pun sama dengan iPhone 6S.

Sudah tidak sabar ingin menjajal iPhone 6S dan iPhone 6S Plus? Jangan buru-buru yah, karena di negara asalnya saja kedua smartphone tersebut baru diperjualbelikan pads tanggal 25 September 2015 nanti. Kita tunggu bersama kedatangan mereka di Indonesia.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>