iPhone 6 dan iWatch, Senjata Apple Untuk Mengalahkan Samsung

Bentuk Konsep iPhone 6

Bentuk Konsep iPhone 6

Selama 3 bulan terakhir, Apple benar-benar tengah berjaya. Mereka berhasil menjual 35.2 Juta iPhone dan 4.4 Juta Mac, serta meningkatkan keuntungan mereka hingga mencapai 7.75 Miliar Dollar (sekitar 90 Triliun Rupiah). Angka tersebut sebenarnya bisa lebih tinggi lagi jika penjualan iPad juga mengikuti kesuksesan yang dibuat iPhone dan Mac. Sayang, penjualan tablet milik Apple ini terus menurun, hanya mencapai angka 13.3 Juta device selama 3 bulan terakhir.

Secara keseluruhan, hal ini merupakan kabar baik bagi Apple. Seperti yang kami pernah ceritakan sebelumnya, Apple sebenarnya mengalami sedikit masalah pada akhir tahun kemarin. Keuntungan mereka untuk pertama kalinya menurun selama 10 tahun terakhir. Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook, pun langsung melakukan lagkah-langkah perbaikan, termasuk memperluas penjualan produk mereka ke China. Hasilnya terbukti cukup menggembirakan.

Seperti biasa, berita bahagia dari Apple ini juga diikuti oleh para investor yang kembali mendekati mereka. Harga saham Apple pun meningkat tajam. Bahkan, berkat Apple, indeks harga saham gabungan S&P 500 di Amerika Serikat berhasil mencapai angka tertinggi sepanjang masa. Wow!

Dan kisah sukses ini baru saja dimulai …

iPhone 6, iWatch, dan New Apple TV Siap Diluncurkan

Salah satu langkah perbaikan yang dilakukan Tim Cook untuk kembali mengangkat penjualan Apple, adalah dengan mendorong publikasi yang baik untuk produk-produk Apple. Hal ini membuat nama Apple terdengar di mana-mana, terutama di negara-negara yang bukan merupakan target utama penjualan Apple seperti China dan Indonesia. Termasuk di dalamnya adalah berita kalau Apple akan meluncurkan iPhone 6 pada bulan Oktober tahun ini, yang juga akan diikuti oleh iWatch dan Apple TV model baru.

Berita peluncuran iPhone 6 sudah sejak lama terdengar. Rumor terkait produk terbaru Apple ini begitu cepat menyebar, mulai dari ukurannya yang lebih besar dari iPhone 5, layarnya yang terbuat dari bahan safir, logonya yang bisa menyala seperti yang ada di MacBook, dan isu-isu menarik lainnya. Semua rumor tersebut, terlepas dari benar atau tidaknya, secara tidak langsung akan menambah ketertarikan masyarakat akan produk-produk Apple.

Sebenarnya, saat ini beberapa pengguna, terutama yang tinggal di negara-negara barat dan bisa langsung mendapatkan produk Apple sesaat setelah diluncurkan, mereka cenderung untuk menahan diri dari membeli produk Apple. Mereka akan menunggu peluncuran iPhone 6 dan iWatch untuk kemudian langsung membelinya, sesaat setelah diluncurkan. Karena itu, kesuksesan yang saya ceritakan di atas itu sebenarnya hanyalah awal dari kejayaan besar yang akan dinikmati Apple sepanjang tahun ini.

Samsung Harus Ekstra Waspada

Siapa yang akan ketar-ketir dengan kembali berjayanya Apple, selepas meninggalnya Steve Jobs? Jawabannya tentu adalah pesaing utama mereka di bisnis smartphone, Samsung. Jika sebelumnya Samsung merupakan pilihan utama untuk smartphone dengan layar besar, hal itu akan sirna ketika nanti Apple meluncurkan iPhone 6 yang juga mempunyai layar besar. Bahkan, Apple membuktikan kalau produk mereka juga kian diminati, termasuk di negara-negara yang butuh perlakuan khusus, seperti China.

Saat ini, Apple memang masih berada di posisi ke-4 untuk kategori smartphone yang paling banyak dibeli di China, di bawah Samsung dan 2 merek lokal; Lenovo dan Xiaomi. Namun bila kita melihat nilai penjualannya yang begitu besar, dan kecenderungan yang terus menanjak, posisi ke-4 sepertinya sudah lebih cukup bagi Apple. Bagaimana langkah Samsung untuk menahan kejayaan Apple ini? Kita lihat saja reaksi produsen smartphone asal negeri gingseng tersebut dalam waktu dekat.

Sumber : Bloomberg

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>