[Intip Aplikasi] Tinder, Aplikasi Kencan yang Kian Diminati Para Remaja

Tinder

Pernahkah anda memakai sebuah layanan web yang bernama Omegle? Omegle adalah sebuah website di mana kita bisa melakukan chatting dan video call dengan orang lain di seluruh dunia yang dipilih secara acak. Dengan Omegle, kita jadi bisa bertemu dengan berbagai macam orang yang mungkin tidak akan pernah bisa kita temukan sebelumnya. Karena fiturnya yang menarik, Omegle pun jadi diminati oleh banyak anak muda, termasuk di Indonesia.

Sayang, Omegle diluncurkan pada era di mana smartphone dan aplikasi mobile belum semarak seperti sekarang. Saat itu, masyarakat masih begitu terikat dengan layanan berbasis web, yang harus dibuka lewat PC atau Laptop. Akibatnya, mereka jadi tidak bisa sering-sering memakai aplikasi tersebut.

Kini, di era aplikasi mobile, beberapa aplikasi pun diluncurkan dengan konsep yang mirip dengan yang pernah ditawarkan Omegle. Salah satu aplikasi yang paling terkenal adalah Tinder, yang dibangun oleh Sean Rad sejak bulan Oktober tahun 2012. Tinder menawarkan sebuah aplikasi yang bisa mempertemukan kita dengan teman yang sehobi dengan kita, atau bahkan pasangan idaman kita. Karena itu, Tinder sering disebut sebagai aplikasi pencari teman kencan.

Bagaimana Cara Mengunakan Tinder?

Cara penggunaan yang sederhana, menjadi kelebihan Tinder sehingga ia lebih dipilih daripada aplikasi-aplikasi lain yang serupa. Tinder membuat kegiatan mencari lawan jenis untuk didekati menjadi sesuatu yang menyenangkan, bahkan cenderung menjadi sebuah permainan yang mengasyikkan. Saking serunya fitur yang digunakan Tinder, banyak aplikasi lain yang berusaha mencuri atau menirunya, salah satunya adalah BeeTalk.

Login Via Facebook

Kemudahan menggunakan Tinder telah dimulai sejak kita baru akan memasuki aplikasi tersebut. Tak perlu proses registrasi yang rumit, anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang diberikan untuk menghubugkan Tinder dengan akun Facebook anda. Tapi harap hati-hati sebelum melakukannya, karena Tinder akan menggunakan Foto Profil dan biografi anda di Facebook, sebagai Foto Profil dan biografi anda di Tinder. Sudah terlanjur menghubungkan? Anda bisa mengubahnya lewat fitur pengaturan profil.

Cari Pasangan Sesuai Jarak dan Usia

Geser ke Kiri = Tidak Suka

Geser ke Kiri = Tidak Suka

Tinder 2

Geser Kanan = Suka

Setelah melakukan koneksi dengan Facebook, anda akan langsung disuguhi dengan tumpukan foto lawan jenis yang merupakan inti dari aplikasi Tinder. Tersedia 2 pilihan, apakah anda suka atau tidak suka dengan foto tersebut. Anda bisa memilih dengan cara menekan tombol yang disediakan (bergambar SILANG untuk tidak suka, dan HATI untuk suka), atau dengan menggeser (swipe) layar ke arah kiri atau kanan.

Bila anda masih kurang ‘sreg’ bila hanya melihat fotonya, anda juga bisa melihat biografi singkat dari pemilik foto tersebut. Selain itu, anda juga bisa mengetahui minat si pemilik foto, sesuai dengan apa yang dia cantumkan di akun Facebook miliknya. Jika anda hanya ingin melihat lawan jenis dengan rentang usia tertentu, atau yang lokasinya dekat dengan anda, Tinder pun menyediakan pengaturan untuk melakukan hal tersebut.

Cek minat dan biografi si Dia

Cek minat dan biografi si Dia

Tunggu Match … Dengan Sabar

Anda harus terus bermain dengan tumpukan foto yang disediakan oleh Tinder, sampai anda menemukan sebuah Match. Match adalah istilah ketika anda menekan tombol suka untuk sebuah foto, dan si pemilik foto tersebut juga menekan tombol suka untuk foto anda yang tampil di akun Tinder miliknya.

Tinder 4

Bila kita mendapat Match dengan seseorang, kita akan langsung bisa mengobrol dengannya. Tinder telah menyediakan fasilitas Chat dan Photo Sharing untuk saling berkomunikasi. Tapi sebaiknya anda jangan terlalu senang dulu bila mendapatkan sebuah Match, karena anda bisa saja langsung di Unmatch apabila dia merasa kalau anda bukankah pasangan yang dia cari. Tidak ada trik khusus untuk membina sebuah percakapan di Tinder, semua tergantung pada kepribadian anda sendiri.

Etika

Tinder, seperi layaknya aplikasi mobile lainnya, hanyalah sebuah alat yang berfungsi untuk memudahkan komunikasi manusia. Apapun yang kita lakukan di Tinder, merupakan tanggung jawab kita. Ada baiknya untuk tetap menjaga etika dan norma-norma sosial ketika memakai aplikasi semacam Tinder, karena bisa saja terjadi sesuatu yang buruk apabila kita menggunakannya untuk sesuatu yang kurang baik.

Jadi, sudahkan anda menjadi Winder (sebutan untuk para pemakai Tinder)?

Download Tinder untuk Android

Download Tinder untuk iOS

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

1 Response

  1. Fiammeta says:

    berarti kalo gitu ngejudge by its appearance doang dong haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>