[Intip Aplikasi] Google I/O 2014, Cara Google Memanjakan Seluruh Penggemarnya

Google IO Application

Google seperti tak henti-henti memanjakan para penggemarnya yang sedang begitu bersemangat menyambut event Google I/O yang akan berlangsung pada tanggal 25-26 Juni 2014 besok. Kemarin saya telah menceritakan bagaimana Google akhirnya menyiapkan siaran langsung untuk beberapa sesi menarik di Google I/O, lewat Halaman Resmi Google I/O. Selain itu, mereka juga mendorong komunitas-komunitas lokal untuk mengadakan event Google I/O Extended. Di Jakarta sendiri, I/O Extended akan diadakan oleh Google Developer Group (GDG) Jakarta di Gedung Indosat.

Kali ini, Google kembali memberikan akses bagi seluruh calon pengunjung Google I/O, baik yang datang secara langsung ke lokasi event maupun yang berniat menonton lewat Live Streaming, dengan sebuah aplikasi mobile. Aplikasi Google I/O 2014 namanya. Aplikasi ini nantinya akan memberikan segala informasi seputar Google I/O tahun ini yang digelar di San Fransisco, Amerika Serikat. Apa saja yang ada di dalamnya?

Aplikasi Google IO 2

Dalam screenshot yang saya tampilkan di atas, anda bisa melihat fitur-fitur apa saja yang ada di dalam aplikasi Google I/O 2014 ini. Di antaranya adalah fitur My Schedule, Explore, Map, Social, dan Video Library.

My Schedule

Aplikasi Google I/O 2014 sepertinya memang ditujukan untuk mendorong para penggemar Google, agar mereka mengikuti sebanyak mungkin acara di Google I/O tahun ini. Dalam fitur My Schedule, kita diharapkan untuk menjadwalkan sesi-sesi yang ingin kita ikuti. Bila saatnya tiba, maka aplikasi tersebut akan mengingatkan kita untuk segera menyaksikan sesi tersebut.

Explore

Aplikasi Google IO 1

Ini adalah fitur inti dari seluruh aplikasi Google I/O 2014. Google menampilkan daftar acara secara urut mulai dari yang dimulai pertama sampai yang terakhir, dengan bentuk kotak-kotak yang elegan. Dalam kotak tersebut ada judul acara, dan foto calon pembicara di sesi yang dimaksud. Bila anda meng-klik sebuah kotak acara, maka akan muncul informasi lengkap tentang acara tersebut, beserta biografi si pembicara.

Map

Fitur ini berguna bila anda akan menghadiri langsung acara Google I/O di San Fransisco. Dengan fitur ini, anda dijamin tidak akan tersesat atau salah memasuki ruang acara.

Social

Aplikasi Google IO 3

Fitur ini merupakan salah satu fitur yang paling saya suka. Di dalamnya, ada bentuk kotak-kotak seperti yang kita lihat di fitur Explore, namun kali ini berisi hashtag yang berkaitan dengan acara Google I/O 2014. Bila kita meng-klik salah satu kotak hashtag, maka ia akan mengarahkan kita ke akun Google+ kita dengan menyertakan hashtag tersebut dalam status yang sudah siap untuk kita update.

Video Library

Fitur terakhir ini menyajikan kumpulan video dari acara Google I/O 2012 dan Google I/O 2013. Semuanya bisa kita saksikan dengan GRATIS.

Secara umum, aplikasi ini benar-benar sangat bermanfaat bagi anda yang ingin mengikuti perkembangan Google I/O dari awal sampai akhir. Sayangnya, sampai saya menulis artikel ini, belum ada versi iOS dari aplikasi Google I/O 2014 ini yang diluncurkan di AppStore. Padahal kita tahu kalau penggemar Google bukan hanya para pemakai Android, melainkan juga pemakai device yang berbasis iOS.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>