[Intip Aplikasi] Bajaj App, Kini Bajaj pun Sudah Bisa Dipesan Secara Online

BajajApp 8

Bajaj, merupakan sebuah kendaraan unik beroda 3 yang banyak berseliweran di kota Jakarta. Bajaj identik sebagai sarana transportasi masyarakat kelas bawah, sehingga Pak Presiden Jokowi pun memakai Bajaj ketika kampanye untuk menyentuh hati rakyat kecil. Namun jangan salah, tak sedikit juga orang kaya yang suka menggunakan bajaj karena murah dan bisa diisi dengan banyak penumpang dan barang. Karena itu, keberadaannya di Jakarta pun tak kalah penting dibanding Taksi, Angkot, dan Ojek.

Karena itu, ketika Taksi dan Ojek sudah mempunyai On-Demand-Service alias aplikasi mobile di mana kita bisa memesan mereka dengan smartphone kita, Bajaj pun tak mau kalah. Baru-baru ini, muncul juga aplikasi khusus yang diberi nama Bajaj App, atau disingkat Bajaj. Aplikasi ini tak jauh berbeda dengan Uber, GrabTaxi, Go-Jek, ataupun GrabBike, di mana kita bisa memesan Bajaj lewat aplikasi di smartphone kita.

Apa Saja Kemudahan yang Ditawarkan Oleh Bajaj App ini?

Bajaj App mengklaim kalau mereka telah mempunyai 10.000 pengendara Bajaj yang tersebar di kota Jakarta dan sekitarnya. Pengendara Bajaj tersebut semuanya merupakan pengendara profesional yang akan membawa kita ke tempat tujuan dengan aman dan nyaman. Untuk menjamin itu, Bajaj App mengatakan kalau mayoritas armada mereka merupakan Bajaj berbahan bakar gas yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, waktu operasional Bajaj pun tidak dibatasi, yang artinya kita bisa memesan Bajaj lewat Bajaj App kapanpun. Namun hal ini patut dipertanyakan karena setahu saya daerah operasi Bajaj sangatlah terbatas, dan ada jalan-jalan tertentu yang tidak bisa dilewati oleh Bajaj.

BajajApp 3

Mirip dengan layanan-layanan lainnya, tarif Bajaj App juga tidak perlu ditawar lagi. Sebelum memesan, anda bisa melihat biaya yang harus anda bayar, yang terdiri atas Biaya Perjalanan, Biaya Tambahan untuk tambahan penumpang, serta Tip yang bisa anda tentukan sendiri. Walaupun tidak disebutkan dalam tambahan biaya yang harus anda bayar, namun Bajaj App juga menyediakan asuransi yang bisa memberikan ganti rugi hingga 1 Juta Rupiah apabila anda mengalami kecelakaan lalu lintas ketika menggunakan armada Bajaj milik Bajaj App. Menarik bukan?

BajajApp 1

Lalu bagaimana dengan si pengendara Bajaj itu sendiri, apa yang mereka dapat? Layaknya pengendara Go-Jek, mereka kini bebas menentukan waktu kerja dan tak harus menghamburkan bensin untuk berkeliling mencari penumpang. Bahkan, untuk saat ini, pengendara Bajaj masih akan mendapatkan 100% dari pendapatan mereka, Bajaj App tak akan memotong penghasilan mereka sepeser pun. Bajaj App juga menjanjikan hadiah-hadiah spesial setiap minggunya untuk pengendara Bajaj yang ‘rajin’ mengangkut penumpang.

Bagaimana Cara Menggunakan Bajaj App?

Untuk menggunakan Bajaj App ini, caranya sangat mudah. Cukup download saja aplikasinya lewat AppStore atau GooglePlay. Tampilan dari halaman khusus Bajaj App bisa anda lihat di bawah ini.

Aplikasi Bajaj App 1

Kemudian langsung buka aplikasi tersebut, dan daftarkan diri anda. Apabila anda tidak mau repot-repot, gunakan saja fitur ‘Log in With Facebook’. Setelah itu akan muncul halaman ‘Pick Location’ di bawah ini. Anda harus memasukkan titik penjemputan (From), dan lokasi yang dituju (To). Biaya yang harus anda keluarkan langsung tertera di bagian bawah. Saya sendiri mencoba untuk menggunakan Bajaj App dari Blok M ke Bundaran Hotel Indonesia, ternyata perlu biaya sekitar 30 Ribu Rupiah. Tidak jauh lah dengan ongkos Go-Jek di luar harga promo. Untuk melanjutkan, tekan tombol ‘Next’.

Aplikasi Bajaj App 2

Setelah itu akan ada pilihan-pilihan tambahan seperti apakah si pengendara harus bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris? Berapa jumlah penumpang yang akan naik (maksimal 4 orang)? Dan apakah ada bawaan yang harus diangkut? Selain itu ada juga kolom tip yang bisa anda masukkan dengan nominal tertentu. Apabila anda tidak ingin memberikan tip, kosongkan saja kolom tersebut. Kemudian tekan tombol ‘Next’.

Aplikasi Bajaj App

Selanjutnya akan ada halaman ‘Settle Payment’, yang akan menjumlah seluruh biaya yang harus anda keluarkan, plus biaya-biaya tambahan yang tadi anda pilih.

Aplikasi Bajaj App

Setelah itu, anda tinggal menunggu Bajaj App datang menjemput. Tapi ketika saya mencoba, kebetulan saya tidak berhasil mendapatkan Bajaj yang menjemput saya dengan cepat, sehingga saya memutuskan untuk menggunakan moda transportasi yang lain. Ternyata, ketika saya sudah di perjalanan, muncul pemberitahuan kalau sudah ada supir yang akan menjemput saya seperti tampilan di bawah ini. Saya pun menyampaikan pesan permintaan maaf kepada sang pengendara Bajaj lewat fitur ‘Send SMS’. Lain kali akan saya coba lagi untuk merasakan berkendara dengan Bajaj App ini.

Bajaj App Aplikasi

Tertarik untuk menggunakannya? Langsung saja download aplikasinya di AppStore dan Google Play Store.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

1 Response

  1. Bagus artikelnya.. padat dan berisi, semoga selau sehat, rejekinya tambah banyak dan sehat selalu.. salam sukses buat teman-teman semua..amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>