The International, Saat Fans DotA Membuat Sebuah Kompetisi Berhadiah 126 Miliar

The International Dota 2

Bagi yang biasa bermain game online, pasti anda kenal dengan sebuah game yang bernama DotA. DotA (Defense of the Ancients) sebenarnya adalah sebuah platform arena pertarungan untuk game Warcraft III. Dalam game tersebut, anda bisa bermain sebagai sebuah pahlawan (Hero) yang hendak menyerang pertahanan lawan. Dengan platform DotA ini, permainan Warcraft bisa dimainkan oleh lebih dari 1 pengguna. Pada tahun 2013 kemarin, Valve Corporation, pemegang lisensi untuk platform DotA, merilis update terbaru dari platform ini, yang mereka beri nama DotA 2.

The International, Kompetisi Yang Didanai oleh Para Fans

Saat ini, di Seattle, Amerika Serikat, tengah berlangsung sebuah kompetisi DotA 2 terbesar di dunia yang bertajuk The International. Tahun ini adalah kali keempat kompetisi tersebut diadakan. Kompetisi ini akan menjadi ajang unjuk gigi bagi 16 tim DotA 2 terbaik dari seluruh dunia, yang akan saling beradu untuk memperebutkan hadiah berupa uang tunai yang totalnya mencapai 10.5 Juta Dollar atau sekitar 126 Miliar Rupiah!

Uniknya, dana sebesar itu tidak berasal dari sponsor atau semacamnya, melainkan dari sumbangan para fans yang juga merupakan pemain DotA 2. Menjelang kompetisi The International, Valve sebagai pemegang hak paten DotA, membuat sebuah kampanye yang bernama Compendium. Dengan Compendium, para pemain DotA 2 bisa mengeluarkan uang untuk mendapatkan sebuah privilage khusus di dalam permainan. Uang tersebutlah yang kemudian dikumpulkan hingga mencapai angka fantastis 10.5 Juta Dollar.

Seberapa Fantastis Total Hadiah The International?

Sebagai perbandingan, di gelaran The International sebelumnya, Valve hanya berhasil mengumpulkan dana sebesar 6 Juta Dollar untuk menjadi hadiah bagi para pemenang. Dengan penambahan total hadiah pada The International kali ini, Valve pun berani untuk memindahkan lokasi kompetisi ke KeyArena yang mempunyai kapasitas lebih besar, 17.000 penonton. Sebelumnya, The International hanya menggunakan Benaroya Hall yang mempunyai kapasitas 2.500 pengunjung. Hal ini menunjukkan betapa The International dan DotA 2 makin bertambah besar dari waktu ke waktu.

Lalu bagaimana bila kita membandingkan dengan event olahraga lainnya? Kompetisi lari terkenal di Amerika Serikat, Boston Marathon, hanya menyediakan hadiah 806 Ribu Dollar (9.7 Miliar Rupiah). Adapun kompetisi balap sepeda yang begitu terkenal di seluruh dunia, Tour de France, pun hanya menyediakan total hadiah 2.73 Juta Dollar (32.8 Miliar Rupiah). The International juga berhasil mengalahkan total hadiah yang dibagikan untuk para pemenang kompetisi golf kelas atas, The Masters, yang hanya menyediakan 9 Juta Dollar (108 Miliar RUpiah) sebagai hadiah. Semoga para pelari, pembalap sepeda, dan pegolf yang bertanding di ajang yang saya sebutkan di atas, tidak lantas beralih menjadi gamer setelah membaca informasi ini.

E-Sport, Sebuah Hobi yang Menghasilkan Uang

The International membuktikan kalau bermain game, juga bisa menghasilkan uang bagi para pemainnya, asalkan ditekuni dengan serius. Apalagi sejak beberapa tahun lalu, bermain game telah diakui sebagai sebuah cabang olahraga, yang disebut dengan istilah E-Sport. Di Indonesia sendiri, E-Sport telah diakui sebagai cabang olahraga oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, seperti yang pernah kami ceritakan pada ulasan sebelumnya.

Jadi, sudahkah anda bermain game hari ini?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>