Instagram Salip Twitter, Kini Dengan 300 Juta Pengguna

Instagram 300 Million

9 bulan yang lalu, Instagram baru saja mengumumkan keberhasilan mereka mendapatkan 200 Juta pengguna. Kini, mereka kembali mengejutkan kita, dan mengumumkan kalau mereka telah mendapatkan 100 juta pengguna lagi, sehingga pengguna mereka kini mencapai angka 300 Juta. 70% di antaranya berasal dari luar negara asal mereka, Amerika Serikat. Pengumuman ini sekaligus menyatakan kalau Instagram sudah lebih besar daripada Twitter, yang 1,5 bulan lalu menyatakan kalau mereka memiliki 284 Juta pengguna aktif.

Ketika ditanya tentang perasaannya dengan 300 Juta pengguna tersebut, Kevin Systrom, sang Chief Executive Officer (CEO), mengatakan kalau:

Selama 4 tahun perjalanannya, Instagram telah berubah dari hanya 2 orang dengan sebuah mimpi, menjadi sebuah komunitas global.

4 tahun yang lalu, tepatnya pada bulan Oktober 2010, Systrom memulai petualangannya membangun Instagram bersama Mike Krieger. Kini, Instagram menjadi rumah bagi 30 Miliar foto dari para penggunanya, yang bertambah 30 Juta foto setiap harinya.

Kekhawatiran Akan Kelangsungan Hidup Instagram

Sempat muncul kekhawatiran kalau Instagram akan berubah ketika mereka dibeli oleh Facebook sekitar 2 tahun yang lalu. Namun hal tersebut tidak menjadi kenyataan, penambahan 100 juta pengguna selama 9 bulan terakhir menjadi bukti nyata kalau Instagram tetaplah sebuah jejaring sosial yang menarik.

Instagram

Untuk meningkatkan kepercayaan penggunanya, Instagram berencana untuk mulai memberikan tanda khusus bagi selebriti atau orang-orang penting yang menjadi penggunanya. Hal ini serupa dengan apa yang dilakukan Twitter dan Facebook dengan Verified Account. Jadi jangan kaget, apabila dalam waktu dekat ada perubahan di akun Instagram Ibu Ani, istri dari mantan presiden kita yang juga merupakan penggemar Instagram.

Dengan jumlah pengguna yang begitu banyak, sebuah masalah telah menanti Instagram. Pertambahan jumlah pengguna, biasanya dibarengi dengan bertambahnya jumlah akun yang difollow oleh seorang pengguna. Hal ini bisa menyebabkan seorang pengguna melewatkan posting yang dikirim oleh teman baiknya, dan hanya bisa melihat postingan-postingan tak bernilai milik pengguna lain. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya interaksi personal di Instagram. Twitter telah mengalami hal ini, hingga banyak pengguna yang merasa Twitter telah berubah menjadi sebuah News Ticker yang mobile. Instagram harus memperhatikan hal ini jika ingin terus menambah jumlah penggunanya seperti sang pemilik, Facebook.

instagram-business

Kesuksesan Instagram ini sekaligus menguatkan posisi Facebook sebagai penguasa jagad internet dunia. Selain Instagram yang memiliki 300 Juta pengguna, mereka juga mempunyai WhatsApp yang memiliki 600 Juta pengguna, dan Facebook Messenger yang memiliki 500 Juta pengguna. Aplikasi Facebook sendiri kini telah mempunyai 1,35 Miliar Pengguna.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>