Inikah Tampilan Windows 9 yang Akan Diluncurkan Tahun Depan?

Windows 9 C

Di artikel-artikel sebelumnya, saya telah mengabarkan tentang Windows 9 yang (katanya) akan dirilis tahun depan, dan akan muncul previewnya di akhir bulan ini. Nah, baru-baru ini muncul 3 buah video yang menayangkan sebuah sistem operasi yang diperkirakan merupakan Windows 9. Apa saja fitur yang ada di dalam Windows 9 menurut video-video tersebut?

Tombol Start di Windows 9?

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, Windows 9 diperkirakan akan menjadi tempat kembalinya tombol Start, yang sempat hilang di Windows 8. Pada Windows 8, bila kita menekan tombol berbentuk Windows (jendela) di pojok kiri bawah, maka yang akan tampil adalah sebuah layar aplikasi berbentuk kotak-kotak yang dikenal dengan sebutan Metro User Interface (Metro UI). Di dalamnya akan ada daftar aplikasi yang bisa kita pilih.

Dalam video di atas, kita bisa melihat kalau Microsoft sebenarnya tetap mempertahankan Metro UI. Namun kali ini mereka memberikan sebuah pilihan tambahan yang bisa diakses di ‘Taskbar and Start Menu Properties’, di mana kita bisa memilih ‘Use the Start Menu instead of the Start screen’. Bila kita memilih pilihan tersebut, maka setiap kita menekan tombol Windows di pojok kiri bawah, akan muncul tampilan Start Menu seperti yang ada di Windows XP.

Notifikasi di Windows 9?

Menurut video di atas, layaknya sebuah smartphone, tampilan Windows 9 juga akan dilengkapi dengan fitur notifikasi atau pemberitahuan. Sistem notifikasi tersebut nantinya akan diintegrasikan dengan layanan-layanan Microsoft lainnya, seperti Skype. Sistem pengaturan notifikasi yang ditampilkan dalam video tersebut juga tampak cukup mudah.

Multi-Desktop di Windows 9?

Di video yang ketiga ini, ditampilkan sebuah fitur baru yang belum ada di versi-versi Windows sebelumnya, yaitu fitur Multi-Desktop. Ia adalah sebuah fitur di mana akan ada tambahan desktop virtual yang bisa kita atur jumlahnya. Lalu apa gunanya desktop-desktop tersebut? Penambahan desktop tersebut dimaksudkan untuk membagi ruang kerja kita di Windows, agar semua aplikasi yang sedang berjalan tidak tercampur aduk satu sama lain dalam 1 ruang desktop.

Nah, setelah melihat video-video di atas, tertarikkah anda untuk menggunakan Windows 9?

Windows 9 A

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>