Ini yang Harus Anda Tahu Tentang iPhone 6S (Kamera, Baterai, 3D Touch) di Hari Peluncurannya

iPhone 6S Teardown

Beberapa minggu lalu, Apple telah secara resmi meluncurkan iPhone 6S, dengan berbagai penjelasan akan segala keunggulannya. 3D Touch, kamera 5 megapiksel, dan kemampuan merekam video 4K, menjadi senjata utama Apple dalam menjual smartphone teranyar mereka. Tapi sepertinya kita semua tahu kalau kata-kata manis yang diberikan Apple itu tak ada artinya, apabila kita tidak bisa merasakan manfaatnya di dunia nyata. Karena itu, ketika iPhone 6S resmi dijual di Sydney, Singapura, London, New York, San Fransisco, dan Los Angeles, kami pun mencoba menganalisa pengalaman-pengalaman para pengguna yang telah membeli iPhone 6S di hari pertama penjualannya.

Kamera iPhone 6S : Setara atau Lebih Buruk dari Smartphone Lain?

Dalam video berikut, anda bisa melihat bagaimana situs TheVerge membuat perbandingan antara kamera yang digunakan oleh iPhone 6S, Galaxy S6, dan LG G4.

Untuk menentukan smartphone mana yang memiliki kamera terbaik, anda harus menonton secara lengkap video di atas, karena TheVerge pada akhirnya memutuskan kalau 3 smartphone tersebut sama-sama mempunyai kamera yang bagus namun punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Dari video tersebut jelas terlihat kalau kamera iPhone 6S sangat baik apabila kita memotret pemandangan (landscape) dengan banyak obyek, karena ia menghasilkan kesan alami, dengan tidak terlalu banyak penajaman gambar yang berlebihan.

Namun bila anda ingin kamera yang sangat tajam ketika memotret sebuah objek, maka Samsung Galaxy S6 lah jawabannya. Ketika memotret sebuah bunga, atau wajah orang, Galaxy S6 bisa merekam sampai ke detil-detil terkecil. Bagaimana dengan LG G4? Dari video tersebut jelas terlihat kalau LG punya keunggulan pada fitur Optical Image Stabilization (OIS), di mana gambar tidak akan bergoyang atau blur sekalipun kita memotretnya dalam keadaan bergoyang. Dari sisi ketajaman, kamera LG G4 juga tidak kalah dari Samsung Galaxy S6, sehingga apabila mereka memotret sebuah tulisan di lokasi yang jauh, tulisan tersebut masih akan bisa terbaca. Hal inilah yang tidak bisa dilakukan apabila anda menggunakan kamera iPhone 6S.

Biasakan Diri Anda Dengan 3D Touch

Mark Sullivan, seorang jurnalis dari VentureBeat, menjelaskan pengalamannya ketika pertama kali menggunakan fitur 3D Touch di iPhone 6S. Ia mengakui kalau pada awalnya ia menganggap kalau fitur tersebut merupakan fitur yang tidak penting, tapi opini tersebut berubah ketika ia mencobanya sendiri. Salah satu kegunaan 3D Touch adalah anda bisa melihat sebuah email, tanpa harus membukanya. Caranya, ketika berada di halaman inbox, tekan sebuah email selama beberapa saat, dan preview dari isi email tersebut pun akan terbuka. Preview tersebut akan hilang apabila anda mengangkat jari anda.

(Sumber : VentureBeat)

(Sumber : VentureBeat)

Masalah bisa terjadi apabila jari anda menghalangi isi email, sementara apabila anda mengangkat jari tersebut tampilan preview akan hilang. Apabila hal itu terjadi, geser saja jari anda ke bagian layar yang lain, tapi jangan sampai melepaskan tekanan terhadap layar, karena kalau terangkat sedikit saja, tampilan tersebut akan hilang. Mark mengakui kalau hal ini terasa sedikit aneh.

Berapa Kapasitas Baterai iPhone 6S?

(Sumber : iFixIt)

(Sumber : iFixIt)

Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para pengguna smartphone non-iPhone, yang biasanya mengejek para pemakai iPhone sebagai Wall Hugger (diambil dari pengalaman para pengguna iPhone yang harus sering berdekatan dengan stop kontak di dinding, karena baterai iPhone mereka cepat habis). Dan rasanya pengguna iPhone 6S juga harus kembali menerima julukan tersebut, karena ternyata dengan spesifikasi yang lebih tinggi, iPhone 6S justru menggunakan baterai yang lebih kecil kapasitasnya dari iPhone 6. Menurut penelitian iFixit, yang telah membeli iPhone 6S dan membongkarnya, iPhone 6S menggunakan baterai dengan kapasitas yang hanya 1.715 mAh. Angka ini lebih rendah dari baterai iPhone 6 yang berkapasitas 1.810 mAh.

Dalam Seminggu, iPhone 6S akan terjual Belasan Juta Unit

Adalah Foursquare dan Swarm, dua startup yang coba menganalisa penjualan awal iPhone 6S, dan mereka meramalkan kalau dalam seminggu iPhone 6S akan terjual antara 11 hingga 13 juta unit. Seperti dikutip oleh situs Computerworld, 2 startup tersebut menyatakan kalau penjualan di minggu-minggu pertama ini akan lebih besar 360% dari minggu-minggu setelahnya. Apabila prediksi mereka benar, maka angka ini akan melampaui penjualan awal iPhone 6 yang mencapai angka 10 Juta unit, dan iPhone 5S yang hanya 9 juta unit.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah anda berminat untuk membeli iPhone 6S, atau malah sebaliknya?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>