Ini Dia Agenda di Hari Pertama Startup Asia Jakarta 2014

Startup Asia 1

Hari ini, Startup Asia Jakarta 2014 akan secara resmi dibuka. Dengan mengambil tempat di Plaza Bapindo, Startup Asia Jakarta ini merupakan perayaan besar bagi para penggiat dunia startup di Indonesia. Di dalamnya akan diadakan berbagai acara menarik, serta akan dihadiri oleh ribuan pengunjung yang semuanya merupakan pihak-pihak yang berkepentingan dalam perkembangan dunia startup, seperti founder (pendiri startup), investor, akselerator (pendorong perkembang startup), serta para jurnalis.

Bila di artikel sebelumnya saya telah membahas tentang berbagai event yang akan berlangsung sepanjang event Startup Asia, maka kali ini saya akan menyampaikan rangkaian acara khusus di hari pertama Startup Asia Jakarta 2014.

Keynote Speakers di Hari Pertama Startup Asia Jakarta 2014

Rangkaian Keynote Speech di hari pertama ini akan dibuka oleh Andy Zain, sebagai Managing Director di Mountain SEA Ventures. Beliau akan membahas tentang perkembangan teknologi di Indonesia, khususnya perkembangan budaya startup. Sebagai informasi, tepat sebelum gelaran Startup Asia Jakarta 2014 ini, Telkom Indonesia baru saja meluncurkan Digital Valley, alias pusat perkembangan startup terbarunya di kota Jakarta. Hal ini merupakan bukti bahwa perkembangan budaya startup merupakan salah satu hal yang menjanjikan untuk mendukung perkembangan teknologi di Indonesia. Digital Valley Jakarta ini merupakan pusat perkembangan startup ketiga yang telah dibangun oleh Telkom, setelah sebelumnya mereka telah membuat Digital Valley Bandung dan Digital Valley Yogyakarta.

Kemudian acara akan dilanjutkan dengan obrolan santai antara Enricko Lukman, Head of Editorial Tech in Asia untuk Indonesia, dengan CEO dari Traveloka.com, Ferry Unardi. Seperti yang kita tahu, Traveloka merupakan salah satu pelopor dalam perubahan cara pembelian tiket pesawat di Indonesia. Berawal dari sebuah startup yang tak dikenal, Traveloka perlahan beranjak naik hingga akhirnya bisa dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi yang suka bepergian dengan pesawat.

Rangkaian acara selanjutnya adalah diskusi tentang “Bagaimana Startup Lokal Bisa Meraih Kesuksesan?”. Akan ada 3 orang narasumber yang telah sukses membawa startup mereka menjadi startup-startup terdepan, yaitu Remco Lupker (OLX, sebelumnya bernama TokoBagus), Steve Christian (KapanLagi Network), dan Ken Dean Lawadinata (Kaskus Network).

Diskusi tersebut akan dilanjutkan dengan diskusi berikutnya yang coba membandingkan negara-negara di Asia Tenggara berdasarkan perkembangan teknologinya. Direncanakan untuk menjadi narasumber, yaitu Paul Rivera (Kalibrr), Tuan M. Pham (Topica EdTech Group), Bikesh Lakhmichand (1337 Ventures), dan Patai Padungtin (Builk).

Menjelang makan siang, akan ada Anthony Tan, Founder dan Chief Executive Officer (CEO) dari GrabTaxi, yang akan menceritakan tentang bagaimana cara GrabTaxi bisa memperbaiki masalah yang ada di bisnis taksi konvensional, khususnya untuk wilayah Asia Tenggara. Penting untuk disimak bagaimana rencana Anthony untuk menahan gempuran pesaing sesama aplikasi penyewaan taksi, terutama sang raksasa asal Amerika Serikat, Uber.

GrabTaxi 4

Selepas makan siang, acara akan dilanjutkan dengan sebuah diskusi bertemakan E-Commerce, yaitu tentang “Mengapa Lokalisasi Produk Sangat Penting di Indonesia?”. Bao Jianlei (Baidu Indonesia), Paul Leishman (Coda Payments), Weihan Liew (Mainspring), dan Tesong Kim (VIP Plaza) akan bersama-sama membahas tentang tips dan trik untuk membuat sebuah produk startup agar bisa begitu berkembang, khususnya di Indonesia.

Selanjutnya, akan ada sebuah diskusi antara 3 orang pimpinan perusahaan telekomunikasi di Indonesia, yaitu Tauseef Riaz (Ooredoo Group atau Indosat), Revie Sylviana (XL Axiata), dan Teguh Wahyono (TelkomMetra). Ketiganya akan membahas tentang peran perusahaan telekomunikasi untuk mendorong perkembangan budaya startup di Indonesia. Hal ini menjadi penting karena hampir setiap startup yang berhubungan dengan dunia teknologi, pasti memanfaatkan jaringan seluler atau internet yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan telekomunikasi tersebut.

Acara berikutnya di sore hari adalah diskusi tentang iklim investasi di Indonesia, terutama investasi yang berkaitan dengan startup. Nobuaki Kitagawa (CyberAgent Ventures), Dmitry Levit (Digital Media Partners), Roderick Purwana (Sinarmas), dan Stefan Jung (Monk’s Hill Ventures) akan berbincang tentang bagaimana cara berinvestasi yang tepat. Apakah kita harus melakukannya dengan hati-hati dengan mengawasi setiap hal yang dilakukan oleh sebuah startup, atau malah seharusnya membiarkan saja kreativitas startup itu berjalan sendirinya? Temukan jawabannya dalam diskusi ini.

Setelah itu, Rick Mulia dari Twitter Indonesia akan hadir ke atas panggung untuk menceritakan rencana bisnis mereka di Indonesia. Sebelumnya, Twitter telah mengatakan kalau mereka akan membuat kantor di Indonesia, namun sampai sekarang rencana tersebut belum terwujud. Semoga misteri tentang kapan Twitter akan secara resmi membuka kantor di Indonesia akan terjawab oleh Rick Mulia nanti.

Sebagai penutup rangkaian acara Keynote Speech di hari pertama Startup Asia Jakarta 2014, akan ada diskusi tentang apa yang bisa dipelajari startup-startup lokal dari budaya startup yang telah berjalan di luar negeri. Akan ada Sonita Lontoh (Silicon Valley Asia Technology Alliance), James Tan (QuestVC), dan Takeshi Ebihara (Rebright Partners) yang akan menceritakan kepada kita apa saja hal positif yang bisa didapat dari ekosistem startup di luar negeri.

Kickstart Forum di Hari Pertama Startup Asia Jakarta 2014

Selain Keynote Speech yang merupakan acara utama, Startup Asia Jakarta 2014 juga akan dimeriahkan dengan forum khusus untuk bagi pendiri startup pemula. Di sana akan dibahas hal-hal penting yang harus diketahui di awal-awal pembuatan sebuah startup.

Sebagai pembuka, akan hadir Wempy Dyocta Koto (Systec Group), yang akan membahas tentang bagaimana cara beradaptasi dengan perkembangan dunia digital. Setelah kita bisa memanfaatkan teknologi digital, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara agar kita bisa mendapatkan pemodal, dan hal itu akan langsung dibahas oleh Dmitry Alimov dari Frontier Ventures. Startup yang memiliki modal tidak akan berjalan baik bila sumber daya manusianya tidak bisa bekerja optimal, dan karena itu William Tanuwijaya (Tokopedia) akan hadir dan menceritakan bagaimana cara mendapatkan sumber daya manusia dengan talenta yang baik.

Startup Idea

Apa yang terpenting dari menjalankan sebuah startup? Mendapatkan uang. Karena itu di lanjutan Kickstart Forum ini akan hadir Ryu Kawano Suliawan (Veritrans), yang akan mengajarkan bagaimana cara mendapatkan uang (monetisasi) baik dari aktivitas online maupun offline. Diskusi pun akan dilanjutkan oleh Khailee Ng (500 Startups) yang akan memberi tips tentang bagaimana melakukan pitching atau penawaran kepada para investor dengan baik, dalam waktu yang terbatas.

Selanjutnya di sesi siang akan ada Ana LaRue, Marketing Manager di Path, yang akan berdiskusi tentang bagaimana Path bisa begitu digemari di Indonesia. Diskusi ini juga akan berlanjut dengan kehadiran Serguei Beloussov (Parallels and Acronis) yang akan memberikan inspirasi dari startup-startup yang telah bernilai miliaran Dollar. Setelah itu, akan ada Bao Jianlei dari Baidu Indonesia, yang mencoba memberikan analisa tentang perilaku konsumen di Indonesia.

Menjelang sore, Lemanto Siantar (Softlayer) akan naik ke atas panggung dan berbicara tentang visi yang harus dimiliki oleh seluruh pembuat startup pemula. Kemudian Kickstart Forum akan ditutup dengan penjelasan terkait rencana perusahaan-perusahaan Jepang untuk mendukung perkembangan startup di Indonesia. Hal tersebut akan dijelaskan oleh perwakilan dari Nissha, Sukamart, Sumitomo, T-GAIA, dan Deroite Japan.

Itulah acara-acara yang akan berlangsung di hari pertama Startup Asia Jakarta 2014. Tunggu cerita selengkapnya di website kesayangan anda ini.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>