Ini Dia 9 Startup Asal Bandung yang Beraksi di Roadshow IDByte 2015

Bu Shinta W. Dhanuwardoyo ketika membuka Roadshow IDByte 2015 di Bandung

Bu Shinta W. Dhanuwardoyo ketika membuka Roadshow IDByte 2015 di Bandung

Setelah berkunjung ke beberapa kota di Indonesia, Roadshow IDByte 2015 akhirnya sampai juga di kota Bandung. Bagi yang belum mengetahui tentang IDByte, silakan menyimak artikel kami sebelumnya. IDByte adalah sebuah perhelatan terbesar di dunia startup Indonesia yang digagas oleh Bubu.com. Salah satu agendanya adalah menyaring startup-startup potensial di Indonesia untuk didanai dan diberi kesempatan melakukan Bootcamp di Silicon Valley, menarik bukan?

Karena itulah startup-startup asli kota Bandung langsung berbondong-bondong mendaftar hingga terpilih 9 startup yang melakukan pitching pada tanggal 29 Agustus 2015 di Auditorium, Balai Kota Bandung. Pada kesempatan tersebut yang bertindak sebagai juri adalah Ibu Shinta W. Dhanuwardoyo (CEO dari Bubu.com), Teddy Himler (Wakil Presiden dari Softbank Capital), serta Achmad Zaky (CEO dari Bukalapak.com). Penasaran dengan startup-startup yang tampil di Roadshow IDByte kemarin? Berikut cerita lengkapnya.

Kakatu

Kakatu adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu orang tua untuk mengontrol interaksi antara anak-anak mereka dengan gadget. Aplikasi ini menjadi penting karena di jaman sekarang sangat sulit untuk mengontrol anak-anak dalam menggunakan gadget, yang akhirnya menyebabkan hubungan orang tua dan anak menjadi renggang. Hal ini diperparah dengan makin banyaknya konten porno dan games yang adiktif.

Oleh karena itu, Kakatu pun hadir sebagai sebuah solusi. Mereka menawarkan timer untuk mengatur waktu anak bermain game, blokir untuk aplikasi-aplikasi tertentu yang tidak cocok untuk anak-anak, serta konten-konten edukatif tentang hubungan orang tua dan anak-anak. Saat ini, Kakatu telah bekerja sama dengan Samsung sehingga aplikasi Kakatu sudah langsung  terinstall dalam produk-produk Samsung yang dijual di Indonesia.

GassPoll

GassPoll.com adalah website jual-beli online terbesar di Indonesia khusus untuk barang-barang yang berkaitan dengan dunia Motocross, Motor Trail, Dirtbike, dan semacamnya. Berawal dari hobi, GassPoll pun menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan para penggemar Motocross dan Motor Trail yang kebanyakan berasal dari kalangan menengah ke atas, yang mau mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar untuk memenuhi hobi mereka. Salah satu keunggulan GassPoll adalah fitur pemeriksaan kondisi barang bekas yang dijual di website mereka.

Pikavia

Pikavia

Pikavia adalah layanan Online Travel Fair pertama di Indonesia. Pikavia berusaha menghubungkan Tour Agent lokal yang ada di seluruh kota di Indonesia untuk terkoneksi dengan puluhan ribu calon traveler setiap bulannya. Di saat yang sama, Pikavia juga berusaha membantu para pelancong yang ingin mendapatkan tour ke tempat tertentu, pada waktu tertentu, dengan harga yang terjangkau.

CyberLabs

CyberLabs

Cyberlabs sebenarnya merupakan sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan software atau aplikasi perangkat lunak untuk bisnis. Salah satu produk unggulan mereka adalah ATOM, yang berusaha memberikan solusi aplikasi mobile dalam waktu yang cepat dan dengan harga yang terjangkau. Dengan produk tersebut, CyberLabs berharap dapat membantu UKM (Usaha Kecil dan Menengah) untuk bisa ambil bagian dalam perkembangan teknologi mobile, khususnya untuk memasarkan produk-produk mereka.

SaveMillions

SaveMillions

SaveMillions adalah sebuah organisasi nirlaba yang berada dalam naungan Yayasan Tabur Kasih. SaveMillions berusaha menghubungkan antara orang yang ingin menyumbangkan sebagian hartanya dengan orang yang membutuhkan sumbangan. Mereka membuatnya dengan sebuah aplikasi mobile dan website. Dengan aplikasi ini, SaveMillions berniat untuk menjaga agar setiap uang yang disumbangkan para donor sampai ke orang-orang yang tepat.

KelasKita

KelasKita

KelasKita adalah eLearning platform yang berusaha memberikan kesempatan kepada semua orang agar bisa merasakan pendidikan yang baik dan interaktif. Di dalamnya banyak sekali kelas online dan offline yang tersedia, mulai dari kelas Bahasa Inggris, Pemrograman, dan lain-lain, bak yang free (gratis) maupun yang berbayar. Saat ini, KelasKita juga sudah menjalin kerjasama dengan Arva School of Fashion di Surabaya untuk membuat sistem belajar mengajar yang berbasis komputer.

X-Igent

X-Igent

X-Igent adalah startup yang membuat aplikasi Panic Button, di mana apabila tombol di dalam aplikasi tersebut ditekan lebih dari 3 kali, maka aplikasi tersebut akan mengirimkan sinyal bahaya ke keluarga kita dan pihak yang berwajib. Sejauh ini, X-Igent baru diterapkan di kota Bandung, dan terhubung langsung dengan Bandung Command Center. Ke depannya, X-Igent berniat untuk mengintegrasikan device MiKey dari Xiaomi dan sebuah smartband dengan aplikasi mereka.

PetaKita

PetaKita

PetaKita adalah portal peta pertama di Indonesia, yang sudah beroperasi sejak tahun 2011. Mereka dibangun atas dasar kebutuhan akan data dan informasi, serta aturan pemerintah yang sebenarnya membatasi penggunaan peta Indonesia untuk keperluan bisnis. Oleh karena itu, PetaKita memutuskan untuk membuat peta mereka sendiri dari ujung Sabang sampai Merauke. Di beberapa kota, PetaKita mempunyai ‘kuncen’, yang bertugas untuk mengawasi peta yang dibuat untuk kota mereka. Dari peta tersebut, PetaKita berharap bisa mengembangkan bisnis di dunia pariwisata.

SasBuzz

SasBuzz adalah aplikasi marketing berbasis lokasi yang bisa membantu para pebisnis untuk menemukan calon konsumen yang potensial di sekitar mereka. SasBuzz bisa mengumpulkan data aktivitas sosial media (Twitter dan Instagram) di lokasi tertentu, yang kemudian bisa dirangkum menjadi sebuah daftar konsumen potensial yang bisa didekati oleh pebisnis, tak peduli apakah bisnis tersebut merupakan restoran, distro pakaian, dan sebagainya. Apabila konsumen potensial telah didapat, SasBuzz juga bisa membantu untuk melakukan marketing yang tepat. Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 5000 UKM (Usaha Kecil & Menengah) yang menggunakan SasBuzz, termasuk brand-brand besar seperti Telkomsel, Casio, JNE, Rabbani, dan Converse.

Siapa menurut kalian yang akan maju ke babak Final di Jakarta? Tunggu info selengkapnya di website kesayangan anda ini.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

1 Response

  1. ana says:

    aih, saya salah komen. tolong di delete aja komennya min. *malu*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>