Ini Dia 8 Startup yang Masuk Final IDByte Startup Hunt 2015

Grand Final IDByte Startup Hunt 2015

Setelah melakukan tur ke beberapa kota di Indonesia, IDByte Startup Hunt 2015 akhirnya sampai di Babak Final. Telah terpilih 8 startup untuk berlaga di Final yang akan diadakan Besok, tanggal 29 September 2015. Laga final ini rencananya diselenggarakan di Binus Business School, Jakarta Selatan. 3 orang penting di dunia industri digital tanah air akan menjadi juri dalam babak final ini, mereka adalah Michael Steven (CEO dari Kresna), Wilson Cuaca (Managing Partner di East Ventures), dan pastinya Shinta W. Dhanuwardoyo, CEO Bubu.com yang juga merupakan penyelenggara IDByte ini. IDByte sendiri adalah event digital terbesar di Indonesia yang secara rutin dibuat oleh Bubu.com.

Berikut startup-startup yang akan bertanding di laga final IDByte Startup Hunt 2015 nanti.

FitInLine – Jogjakarta

FitInLine

FitInLine adalah sebuah startup yang bergerak di bisnis jual beli pakaian. Namun mereka tak hanya merupakan e-commerce, melainkan juga portal konten digital, jejaring sosial, dan marketplace untuk semua pihak di dunia fashion. Di dalamnya, pengguna bisa memilih peran sebagai user, designer, atau vendor dalam bisnis Fashion. Sang founder menginginkan FitInLine untuk menjadi tempat belajar membuat / menjahit pakaian, berbagi inspirasi model pakaian, dan tentu saja, berbelanja pakaian.

VeryFund – Jogjakarta

VeryFund

Bagi seorang pelaku bisnis online, punya beberapa rekening sekaligus merupakan suatu kewajiban. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan calon pembeli yang bisa menggunakan rekening dari bank apapun untuk mentransfer pembayaran. Nah, untuk memudahkan seorang pengguna dalam memonitor seluruh rekeningnya, hadirlah VeryFund. Dengan VeryFund, anda bisa melihat semua transaksi yang terjadi di semua rekening anda, sekaligus menyimpannya untuk dilihat kembali sewaktu-waktu.

COD Nusantara – Jogjakarta

CODNusantara

Bila melihat dari namanya, mungkin anda akan mengira ini adalah startup tempat ber-CoD (Cash on Delivery) antara penjual dan pembeli. Namun saya sendiri lebih melihatnya sebagai layanan Rekening Bersama (RekBer). Jadi, seorang pembeli bisa menitipkan uang pembelian ke COD Nusantara, dan COD Nusantara bertugas untuk mengantarkan barang dari tempat penjual ke tempat pembeli. Apabila pembeli puas, maka uang pembelian tadi diteruskan ke pihak penjual. COD Nusantara berusaha menggabungkan proses belanja online mulai dari pembayaran hingga logistik menjadi di bawah 1 atap.

Kurawal – Malang

Kurawal

Kurawal adalah sebuah startup yang membuat platform terbuka di dunia Internet of Things (IoT). Setiap pengguna Kurawal diharapkan bisa mempelajari teknologi IoT dengan mudah. Kurawal menawarkan paket pengembangan IoT, seperti Raspberry Pi dan Arduino, lengkap dengan source code (bahasa pemrograman) yang dibutuhkan, serta tutorial membuat sebuah device berbasis IoT.

Kakatu – Bandung

Kakatu adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu orang tua untuk mengontrol interaksi antara anak-anak mereka dengan gadget. Aplikasi ini menjadi penting karena di jaman sekarang sangat sulit untuk mengontrol anak-anak dalam menggunakan gadget, yang akhirnya menyebabkan hubungan orang tua dan anak menjadi renggang. Hal ini diperparah dengan makin banyaknya konten porno dan games yang adiktif.

Oleh karena itu, Kakatu pun hadir sebagai sebuah solusi. Mereka menawarkan timer untuk mengatur waktu anak bermain game, blokir untuk aplikasi-aplikasi tertentu yang tidak cocok untuk anak-anak, serta konten-konten edukatif tentang hubungan orang tua dan anak-anak. Saat ini, Kakatu telah bekerja sama dengan Samsung sehingga aplikasi Kakatu sudah langsung  terinstall dalam produk-produk Samsung yang dijual di Indonesia.

Sasbuzz – Bandung

SasBuzz adalah aplikasi marketing berbasis lokasi yang bisa membantu para pebisnis untuk menemukan calon konsumen yang potensial di sekitar mereka. SasBuzz bisa mengumpulkan data aktivitas sosial media (Twitter dan Instagram) di lokasi tertentu, yang kemudian bisa dirangkum menjadi sebuah daftar konsumen potensial yang bisa didekati oleh pebisnis, tak peduli apakah bisnis tersebut merupakan restoran, distro pakaian, dan sebagainya. Apabila konsumen potensial telah didapat, SasBuzz juga bisa membantu untuk melakukan marketing yang tepat. Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 5000 UKM (Usaha Kecil & Menengah) yang menggunakan SasBuzz, termasuk brand-brand besar seperti Telkomsel, Casio, JNE, Rabbani, dan Converse.

MakanLuar – Jakarta

MakanLuar

MakanLuar adalah sebuah aplikasi yang bisa memudahkan anda untuk makan di restoran. Dengan aplikasi ini, anda bisa memesan tempat di restoran yang menjadi rekanan MakanLuar kapan pun dan di mana pun anda berada. Keunggulan MakanLuar dibandingkan dengan aplikasi pemesanan restoran yang lain adalah kurasi yang dilakukan atas restoran yang menjadi rekanan, sehingga diharapkan pengguna akan selalu puas dengan restoran yang mereka pesan. Selain itu, MakanLuar juga memberikan bonus-bonus khusus untuk para pengguna yang rajin menggunakan aplikasi MakanLuar.

Pinjam – Jakarta

Pinjam adalah startup yang menyediakan layanan gadai barang secara online. Pengguna bisa meminjam barang di Pinjam dengan cara menggadaikan barangnya yang berupa Sepeda Motor, Laptop, Handphone, Kamera, Tablet, dan Logam Mulia. Di dalam website pinjam, pengguna bisa memasukkan kondisi barang dan foto barang, agar pihak Pinjam bisa menentukan berapa pinjaman yang bisa diberikan. Untuk 1 kali pinjaman, pihak Pinjam bisa memberikan dana mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 100.000.000.

Seluruh tim tersebut akan memperjuangkan hadiah-hadiah menarik, termasuk kesempatan Bootcamp selama seminggu di Silicon Valley, Amerika Serikat. Siapa kira-kira yang akan jadi pemenang? Tunggu liputannya di website yang anda cintai ini.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>