Indosat Ooredoo Meluncurkan Gig, Layanan Internet Fiber Tanpa FUP

664xauto-indosat-ooredoo-targetkan-layanan-gig-ekspansif-hingga-12-kota-di-2016-1602187


Indosat Ooredoo, salah satu perusahaan penyedia layanan jasa telekomunikasi ternama di tanah air yang merupakan anak perusahaan dari raksasa telekomunikasi asal Qatar baru-baru ini meluncurkan produk terbaru mereka.

 

Indosat menjadi Indosat Ooredoo setelah induk mereka, Ooredoo merombak ulang seluruh bisnis yang mereka kuasai di seluruh dunia.

 

Ooredoo merupakan perusahaan telekomunikasi multinasional yang bermarkas di Qatar.Ooredoo terhitung sebagai pemilik saham terbesar semenjak pada bulan Februari 2013 mereka menguasai 65% saham dari yang sebelumnya hanya 21% saat pembelian perdana di tahun 2011.

 

Di Asia Tenggara, Ooredoo tidak hanya bermain di Indonesia namun juga di Myanmar dan Maladewa. Selain itu mereka mempunyai beberapa kantor di Afrika Utara dan Timur Tengah.

 

Pada tahun  2015 Indosat tercatat memiliki 68,5 juta pelanggan di seluruh Indonesia, meningkat sekitar 24,7% dari yang sebelumnya hanya 54,9 juta pelanggan di tahun 2014.

 Indosat Ooredoo Gig

Produk baru yang diluncurkan oleh Indosat Ooredoo kemarin di kantor mereka di Medan Merdeka Barat adalah Indosat Gig.

 

Gig merupakan layanan internet yang menggunakan fiber optik sebagai media perantara jaringan.  Kecepatan yang ditawarkan oleh Gig mulai dari 15Mbps hingga 1Gbps dengan tarif yang berkisar di antara 250 ribu rupiah hingga 5,5 juta rupiah.

 

Berdasarkan keterangan dari Prashant Gokarn, Chief New Business & Innovation Officer Indosat Ooredoo, Gig sebenarnya telah berjalan selama kurang lebih 9 bulan semenjak Q2 2015. Selama 9 bulan tersebut sekitar 100 ribu rumah telah menikmati layanan Gig.

1549393indosat-ooreedoo780x390

Indosat Ooredoo menawarkan Gig menjadi tiga jenis paket dengan kecepatan maksimal di bawah 1 Gbps.

 

Ketiga paket memiliki standar layanan yang sama berupa pemberian modem fiber, home Wi-Fi, kuota tidak terbatas, dan jaminan layanan pelanggan 24/7. Perbedaan terletak pada pemberian tambahan layanan yang disponsori oleh Google

 

Untuk paket 15 dan 30 Mbps, Google menyediakan Chromecast serta ruang di Google Drive sebesar 50 GB. Sedangkan untuk paket dengan kecepatan hingga 100 Mbps, selain Chromecast dan jatah Google Drive sebesar 50 GB, diberikan juga Chromebook.

Chromebook dan Chromecast untuk Pengguna Gig

Jenis Chromebook yang didatangkan ke Indonesia baru satu menurut Liz Lee yang merupakan Partner Manager Google Chromebook. Chromebook tersebut adalah uatan Acer dengan tipe CB3-131 yang menggunakan sistem operasi Chrome OS dan memiliki layyara 11,6 inci dengan resolusi 1366×768. Prosesor yang dipasang di Chromebook tersebut adalah Intel Celeron N2840.

 

Salah satu daya tarik lain yang diberikan oleh Gig adalah tiadanya FUP seperti yang disampaikan oleh Alexander Rusli selaku Presdir dan CEO Indosat Ooredoo saat mereka melakukan peluncuran kemarin. Selain itu para pelanggan dibebaskan mengakses apapun selama masih masuk kategori legal di internet.

086090500_1416307521-Alexander-Rusli-1

Alexander Rusli, CEO Indosat Ooredoo

 

Meskipun terlihat menggiurkan, namun layanan ini baru bisa dinikmati di dua area yaitu Jabodetabek dan Bandung. Pada tahun 2016 ini, Gig ditargetkan untuk mulai menyerbu pasar di beberapa kota lain seperti Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Balikpapan, dan Bali.

Apakah di antara pembaca ada yang merupakan salah satu pengguna yang lama tidak diungkap ke publik seperti disebut di atas?

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>