[Indocomtech 2014] Preview Asus Zenfone 4S – Sang Penebus Dosa Zenfone 4? + Daftar Harga Produk Asus

IMG_20141030_053050Masih di event Indocomtech 2014. Kali ini kami berkesempatan menjajal sejenak produk terbaru Asus dari keluarga Zenfone. Tidak lain tidak bukan dialah Zenfone 4S (tipe A450CG). Tambahan ‘S’ dibelakang ini seolah menunjukkan bahwa 4S ini merupakan versi penyempurna dari Zenfone 4. Namun kelebihan apa saja yang dibawa Zenfone 4S? 

 

Zenfone 4 VS Zenfone 4S

Zenfone 4S VS Zenfone 4

Zenfone 4S VS Zenfone 4

Zenfone 4S jelas ditujukan untuk menjawab kekurangan-kekurangan yang dimiliki Zenfone 4, namun apa saja peningkatan tersebut?

1. Layar yang lebih besar

IMG_20141030_053025

Dengan ukuran 4,5 inci, Z4S memiliki layar setengah inci lebih luas dibandingkan pendahulunya. Hal ini tentu akan disambut baik bagi yang merasa 4 inci merupakan standard layar yang terlalu kecil. Namun peningkatan luas layar tidak diimbangi dengan peningkatan resolusi. Dengan resolusi yang relatif sama (580 x 854 piksel), Z4S memiliki kerapatan piksel yang lebih kecil dibandingkan Z4 (218 ppi vs 233 ppi). Tentu saja hal tersebut tidak akan terlalu berpengaruh terhadap penggunaan sehari-hari kecuali jika Anda terbiasa membaca buku digital menggunakan kaca pembesar.

2. Kamera dan Flash

IMG_20141030_053059

Jika 5 megapiksel menurut Anda tidak cukup untuk kebutuhan fotografi mobile Anda, Z4S menjawab tantangan tersebut dengan menaikkan kapasitas kamera menjadi 8 megapiksel. Selain itu, keluhan pengguna Z4 mengenai sangat dibutuhkannya flash pada kamera ponsel juga terjawab di Z4S.

IMG_20141030_053239

 

Memang terlalu dini untuk mengatakan hal ini karena dibutuhkan pengujian mendalam, namun rasanya performa kamera Zenfone 4S lebih baik dibandingkan pendahulunya – terlepas dari tambahan megapikselnya.

3. Baterai

1.200 mAh terlihat sangat pelit untuk standard hari ini dimana aplikasi mulai banyak yang membutuhkan proses yang rumit serta kebutuhan multitasking yang tidak bisa dihindari oleh pengguna ponselpintar. Terlebih jika mengingat bahwa prosesor intel yang mengotaki keluarga Zenfone ini dinilai cenderung lebih boros dibanding kawan-kawannya. Pada Z4S Asus berbaik hati menambahkan kapasitas baterai menjadi 1.700 mAh. Meski menurut kami dengan 2.000 mAh saja rerata ponselpintar sudah berjuang keras untuk mencapai standard 1 hari 1 charge.

4. KitKat Ready

Selain ketiga hal diatas, tidak ada yang berubah dari Z4S kecuali sistem operasinya yang langsung KitKat saat pertama membuka kotak. Memang Z4 sendiri bisa di-upgrade menjadi versi KitKat dari bawaannya yang masih Jelly Bean, namun dari laporan pembaca kami, beberapa mengalami masalah ketika melakukan demikian. Jadi upgrade sistem operasi ini sebuah langkah yang baik dari Asus.

Harga Zenfone 4S

Ini yang ajaib. Dari peningkatan yang telah disebutkan di atas, Zenfone 4S hanya berbeda Rp.400.000 dari Zenfone 4 (Rp.1.599.000 vs Rp.1.199.000). Dengan strategi harga seperti ini, rasa-rasanya membeli Zenfone 4 saat ini bukan merupakan keputusan yang terbaik. Atau dengan kata lain, buat yang mau beli Zenfone 4, mending nabung dikit buat beli Zenfone 4S dah.

Zenfone 4S Bebas Masalah?

Jika Anda memiliki Zenfone 4 dan senang mengikuti artikel-artikel kami di aitinesia, kemungkinan besar Anda telah membaca artikel ini dan juga melihat komplain-komplain dari pengguna yang lain. Singkat kata, Zenfone 4 memiliki banyak masalah. Entah karena memang perencanaan dan proses produksi yang kurang matang, atau sebatas masalah kendali kualitas yang sengaja dilonggarkan mengingat demand Zenfone 4 saat itu bak kacang rebus. Pertanyaannya, apakah masalah-masalah yang sama tidak akan muncul pada Zenfone 4S? Saat ini kami belum bisa menjawabnya.

 

 

Bonus – Daftar Harga Produk Asus

Selagi bermain di booth Asus di Indocomtech 2014, kami tidak lupa untuk mengambil daftar harga produk Asus yang dijual selama event berlangsung. Semua demi pembaca kami! Demi pembaca kami!!!

IMG_20141030_053119

 

 

 

 

Terima kasih telah membaca.

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>