[INDOCOMTECH 2014] 3D Printing Di Indonesia – MakerBot

Kembali bersama kami di liputan seputar Indocomtech 2014. Salah satu hal yang ditunggu dari Indocomtech 2014 ini adalah 3D Printing. Di hari kedua ini, kami berhasil meliput booth 3D Printing yang ada di Indocomtech. Seperti apa lengkapnya? Tetaplah bersama kami.

3d printer

Oke, kami kembali (krik…).

Pada pameran tersebut ditunjukkan satu buah mesin printer yang tengah ngeprint sebuah obyek. Di sisi-sisi printer juga terlihat hasil-hasil printer 3D ini. Ada yang sebesar gantungan kunci (menara eiffel), ada yang cukup besar (maket monas). Lebih lengkapnya mari kita simak video berikut:

 

Cara Kerja Printer 3D

Sebenarnya konsep printer 3D ini (setidaknya yang kami lihat disana) serupa dengan mesin printer konvensional yang ada (2D). Yang membedakan adalah printer ini menggunakan bahan semacam plastik (PLA Fillament tepatnya) sebagai tintanya dan menyusun bentuk sesuai desain dari bawah ke atas.

Generasi awal Printer 3D ini juga memiliki keterbatasan. Hanya satu buah warna bahan yang dapat dipilih. Diperlukan kreativitas tinggi dalam mencetak untuk membuat hasil yang memiliki beragam warna (print sebagian dengan warna a, stop, ganti bahan warna b, lanjut, dan seterusnya) – setidaknya begitu penjelasan sang penjaga booth.

Harga Printer 3D

Satu pertanyaan yang kemudian muncul; harga. Sebagai teknologi yang relatif baru, jelas 3D printer ini akan dibanderol cukup mahal. Untuk produk yang kami rekam dalam video – Replicator 2X, MakerBot mematok harga $4.000 atau sekitar Rp.48.550.000. Namun selain menjual mesin printer, MakerBot (Perdana – Occitek) juga menawarkan jasa percetakan 3D. Cukup bawa desain 3D Anda dan mereka akan cetak dengan printer 3D mereka. Harganya? Rp.10.000 per gramnya. Anda akan dikenakan biaya desain (konversi ke layout 3D) jika Anda tidak memilikinya.

 

Nah, bagaimana? Setelah mengetahui sedikit seluk beluk 3D Printing di Indonesia, bagaimana pendapat Anda? Tertarik untuk memiliki printernya? Kunjungi booth MakerBot-Occitek di Indocomtech 2014 untuk pengalaman melihat langsung printer 3D!

 

 

Aitinesia.com adalah Official Media Partner dari Indocomtech 2014

 

 

 

n.b.

Suara dalam video bukan merupakan suara reporter aitinesia.

 

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>