ID-Byte dan Bubu Awards, Event Startup Terbesar yang Akan Kembali Diselenggarakan Tahun Ini

ID-Byte 2015

Mungkin banyak pembaca yang belum pernah mendengar tentang ID-Byte, walaupun sebenarnya acara ini merupakan salah satu event terbesar di dunia teknologi informasi Indonesia. Acara ini tak kalah dengan event teknologi informasi lain seperti pameran gadget yang biasa diselenggarakan di Jakarta Convention Center, atau event Startup Asia Jakarta yang diprakarsai oleh Techinasia. Mengapa saya katakan ID-Byte ini merupakan salah satu event teknologi terbesar, karena tokoh-tokoh yang mereka datangkan untuk menjadi pembicara pasti merupakan tokoh-tokoh penting di bisnis teknologi informasi. Untuk acara tahun ini contohnya, ID-Byte akan mendatangkan Bapak Rudiantara (Menkominfo Republik Indonesia), Tony Fernandes (CEO AirAsia), John Lagerling (Wakil Presiden bidang Pengembangan Bisnis di Facebook), Ridwan Kamil (Walikota Bandung), dan nama-nama besar lainnya. Pemrakarsa acara ini, Ibu Shinta Dhanuwardoyo, memastikan kedatangan nama-nama besar tersebut dalam pembukaan acara Meetup Startup Bandung, tanggal 7 Agustus 2015 kemarin. Rangkaian acara ID-Byte ini rencananya akan diadakan pada tanggal 30 September 2015 hingga 2 Oktober 2015.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Shinta yang juga merupakan Ketua Komite Tetap KADIN (Kamar Dagang dan Industri) untuk bidang Telekomunikasi, Teknologi Informasi, Media Cetak, dan Media Online, mengatakan kalau ID-Byte tahun ini akan kembali diiringi oleh Bubu Awards, sebuah kompetisi startup terbesar di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan kalau Bubu Awards merupakan pelopor dari kompetisi-kompetisi startup yang ada saat ini. Dimulai sebagai pemberian awards untuk website-website terbaik pada tahun 2001, kini BubuAwards telah berevolusi menjadi sebuah kompetisi umum yang bisa diikuti tak hanya oleh para pemilik website, namun juga oleh para pembuat aplikasi mobile, dan para founder startup. Awards tahun ini merupakan kali ke-9 diadakan BubuAwards.

IDByte dan BubuAwards, Berusaha Mengenalkan Startup Indonesia Kepada Dunia

Sejak mulai diadakan pada tahun 2011, ID-Byte telah menjadi salah satu event yang paling ditunggu-tunggu. Selain menghadirkan pembicara-pembicara kelas dunia, acara yang digagas oleh Ibu Shinta lewat Bubu.com yang ia pimpin ini juga mengadakan Bubu Awards yang berhadiah kesempatan Bootcamp alias magang di Silicon Valley selama 1 minggu! Menyenangkan bukan? Hal ini bisa terwujud berkat koneksi yang baik antara Bubu.com dengan pemain-pemain besar teknologi seperti Facebook, Google, Apple, Y Combinator, dan lain-lain. Para pemenang BubuAwards nantinya akan didampingi oleh SVATA (SVA Technology Alliance)selama mereka berada di Silicon Valley. Kesempatan tersebut diharapkan bisa memberikan pengalaman yang bermanfaat kepada para juara Bubu Awards, sehingga startup-startup asal Indonesia nantinya bisa tampil di peta dunia digital internasional.

Bubu Awards 2015

Tahun ini merupakan kali ketiga Bubu.com menghadirkan ID-Byte. Tema besar yang diangkat tahun ini adalah “Connected E-Conomy”. Dengan ini diharapkan startup-startup Indonesia bisa lebih berpartisipasi dalam pengembangan ekonomi. Rangkaian acara ID-Byte ini akan dimulai dengan Roadshow ke beberapa kota besar di Indonesia, yang juga akan menjadi ajang untuk menjaring startup-startup terbaik di kota-kota tersebut. Kemudian akan ada Seminar di @america, Pacific Place – Jakarta, pada tanggal 30 September 2015 hingga 1 Oktober 2015. Dan ID-Byte ini akan ditutup dengan Konferensi besar pada tanggal 2 Oktober 2015 di Ritz Carlton Ballroom, Pacific Place.

Pendaftaran BubuAwards Telah Dibuka!

Bagi anda yang berminat mengikuti Bubu Awards tahun ini, kalian harus segera mendaftar karena sebentar lagi pendaftaran tersebut akan ditutup. Untuk anda para founder startup yang berdomisili di Makassar, Yogyakarta, Bali, Bandung, dan Jakarta, langsung saja mendaftarkan startup anda ke Bubu Awards, karena akhir bulan ini pendaftaran tersebut akan ditutup. Akan ada 2 startup terbaik yang dipilih untuk maju ke babak final yang akan dilangsungkan di Jakarta. Berikut deadline pendaftaran startup untuk Bubu Awards yang disebutkan di website resmi mereka:

ID-Byte Deadline

Bagi anda yang ingin mendaftarkan startup anda untuk Bubu Awards tahun ini, kalian harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Startup harus berumur antara 1-3 tahun
  • Peserta adalah startup asal Indonesia
  • Pendapatan masih di bawah 2,5 Milyar Rupiah
  • Belum pernah mendapat pendanaan dari Venture Capital

Adapun BubuAwards ini juga dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu Digital Campaign Award, Web Awards, Mobile App baik berupa Utility atau Games, Digital Talent Awards (Business Leader, Influencer, dan Community), serta Award untuk Startup secara umum. Untuk kategori Web Awards dipecah lagi menjadi kategori Produk atau Consumer Goods, E-Commerce, Media Hiburan, Travel, Corporate (B2B), Pendidikan, Non-Profit, Pemerintahan, dan Portal Berita. Pastikan anda memilih kategori yang sesuai dengan startup anda, dan daftarkan di link berikut. Apabila anda telah mendaftarkan startup anda, tunggu saja konfirmasi dari Bubu Awards. Dan apabila startup anda diterima, bersiaplah untuk pitching yang seru. Menurut Bu Shinta, Pitching untuk Bubu Awards nanti akan diadakan dengan konsep yang serupa dengan TV Show Shark Tank, di mana peserta pitching akan langsung dihadapkan pada panel juri yang ‘ganas’.

Penasaran dengan keseruan ID-Byte dan Bubu Awards ini, catat tanggalnya, dan langsung hadiri acara-acaranya!

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>