Huawei Resmi Menjadi Produsen Smartphone Terbesar Ke-3 di Dunia

Huawei

Samsung dan Apple jelas merupakan penguasa pasar smartphone dunia saat ini. Hampir setengah dari seluruh smartphone yang digunakan oleh masyarakat dunia, merupakan produksi kedua perusahaan besar tersebut. Namun pertanyaannya, siapa yang berada di bawah mereka dan menempati peringkat ke-3 dalam ranking produsen smartphone dengan penjualan terbanyak di dunia. Sony? Nokia? Lenovo? atau LG? Bukan mereka. Ternyata, yang menempati posisi tersebut adalah sebuah produsen smartphone yang bermarkas di kota Shenzhen, China. Produsen tersebut adalah Huawei.

Menguasai Dunia dengan Ascend Mate 2 dan Ascend P7

Huawei berhasil menempati posisi ke-3 dari daftar produsen smartphone tersukses setelah menguasai 6% dari pasar smartphone dunia. Mereka mengungguli LG dan Lenovo yang berada di peringkat ke-4 dan ke-5. Apa yang sebenarnya dilakukan oleh Huawei hingga mereka berhasil meraih kesuksesan seperti itu?

Salah satu strategi mereka adalah dengan memfokuskan penjualan di negara-negara berkembang. Mereka sadar kalau mereka tak akan bisa menandingi keperkasaan Samsung dan Apple di negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan Jepang. Karena itu, mereka memilih untuk ‘bermain’ di negara-negara Amerika Latin seperti Meksiko, Kolombia, Venezuela dan Ekuador. Selain itu, mereka juga coba menjaring konsumen di wilayah Timur Tengah, Afrika, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Huawei sebelumnya dikenal sebagai produsen feature phone (handphone kelas bawah yang berharga murah). Kini, mereka juga berusaha untuk menembus pasar smartphone kelas menengah dan kelas atas, salah satunya dengan membuat smartphone Ascend Mate 2 dan Ascend P7. Kedua smartphone tersebut terbukti begitu laris di pasaran. Baru-baru ini, Huawei bahkan membuat Ascend P7 Arsenal Edition untuk menaikkan penjualan mereka di kalangan penggemar sepakbola, terutama di kalangan para pendukung Arsenal, sebuah tim asal kota London.

Tahun Bahagia Untuk Huawei

Tahun 2014, merupakan tahun yang berat bagi industri smartphone. Perkembangan perangkat mobile sudah begitu pesat, para pesaing mulai banyak, dan konsumen pun makin cerdas dalam memilih smartphone terbaik untuk dibeli. Samsung pun merasakan hal ini, penjualan mereka cenderung menurun dalam beberapa bulan terakhir. Tapi uniknya, penjualan smartphone Huawei malah meningkat, hingga angka 30%. Karena itulah saya bisa mengatakan, kalau tahun ini adalah tahun yang penuh kebahagiaan untuk Huawei.

Semoga dengan kesuksesan ini, mereka akan lebih cepat mengembangkan pasar di seluruh dunia, termasuk dengan meluncurkan Honor 3C di Indonesia.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>