HTC Nexus 9, Tablet Pertama Dengan Android Lollipop

HTC Nexus 9 1

“Kami ingin mempercepat pertumbuhan Tablet Android kelas premium (high-end),” itulah yang dikatakan oleh Alberto Villareal, tokoh utama di balik pembuatan HTC Nexus 9. Diluncurkan bersamaan dengan Motorola Nexus 6, Nexus 9 juga merupakan salah satu device pertama yang dipersenjatai dengan Android versi terbaru, Lollipop. Berbeda dengan Nexus 6 yang hanya berukuran 6 inchi (sehingga lebih cocok disebut phablet / phone tablet), Nexus 9 dibuat dengan ukuran yang lebih besar, mencapai 9 inchi.

Ukurannya yang cukup besar, membuatnya sering disebut-sebut seperti ‘tandingan’ bagi tablet andalan Apple, iPad. Kebetulan, tanggal peluncuran Nexus 9 ini hanya berselang 1 hari dengan peluncuran iPad versi terbaru, yaitu iPad Air 2 dan iPad Mini 3. Namun dengan kata-kata yang saya sebutkan di atas, Villareal membantah hal tersebut. Menurutnya, tablet Android seharusnya tidak menjadi pengikut iPad, melainkan menjadi sesuatu yang baru dan bisa memberikan kesan yang berbeda kepada para konsumen. Untuk tujuan itulah, mereka memasangkan prosesor super canggih, Nvidia Tegra K1 versi 64-bit, pada Nexus 9 ini. Sebelumnya prosesor ini baru dipakai oleh 2 device saja, yaitu Xiaomi Mi Pad dan Nvidia Shield. Namun yang dipakai oleh 2 device tersebut merupakan versi 32-bit. Dengan begitu, HTC Nexus 9 merupakan device pertama yang menggunakan prosesor Tegra K1 versi 64-bit ini.

Mengapa Google Memilih HTC Untuk Membuat Nexus 9?

Seperti yang kita tahu, dalam membuat seri gadget Nexus, Google selalu bekerja sama dengan beberapa produsen yang berbeda. Contohnya adalah dengan memberikan proyek pengerjaan Nexus 4 dan Nexus 5 kepada LG, Nexus 6 kepada Motorola, Nexus 7 kepada Asus, dan Nexus 10 kepada Samsung. Karena itu, sempat muncul perbincangan tentang siapa produsen yang paling tepat untuk mengerjakan proyek Nexus 9 ini.

HTC Nexus 9

“Kami melihat desain HTC One, dan menyukai desainnya yang sederhana, dan fokus pada penggunaan,” itulah alasan yang dikemukakan Villareal mengapa akhirnya mereka memilih HTC untuk memproduksi Nexus 9. Menurutnya, HTC punya kemampuan untuk mengemas sebuah device kelas atas agar lebih mempunyai kesan elegan.

Spesifikasi Lengkap HTC Nexus 9

Prosesor Dual Core, Nvidia Tegra K1 2,3 GHz
RAM 2 GB
Memori Internal 16 / 32 GB
Ukuran Layar 8,9 inchi (2048 x 1536 piksel)
Kamera 8 megapiksel (kamera utama) + 1,6 megapiksel (kamera depan)
Sistem Operasi Android 5.0 (Lollipop)
Baterai 6700 mAh

Jangan sampai tertipu dengan jumlah core (inti) yang dimiliki oleh Nexus 9 ini, karena Nvidia Tegra K1 terbukti bisa mengungguli prosesor-prosesor lain yang mempunyai lebih banyak core. Bersama-sama dengan RAM yang berukuran 2 GB, mereka berusaha menghadirkan desain terbaru dari sistem operasi Android, yaitu Material Design. Dengan begitu, mereka pun bisa bersaing dengan iPad yang telah terlebih dahulu menguasai pasar tablet dari segi kegunaan.

HTC Nexus 9 2

Dari sisi ukuran, HTC Nexus 9 ini berada di tengah-tengah, di antara iPad Air dan Nexus 10 (ukuran layar 10 inchi) dengan iPad Mini dan Nexus 7 (ukuran layar 7 inchi). Dengan begitu, Nexus 9 akan bersaing secara langsung dengan Samsung Galaxy Tab 8.9, LG Optimus Pad, Sony Xperia Tablet S, dan Amazon Kindle Fire. Dan sejauh ini, Nexus 9 merupakan yang paling unggul dari sisi prosesor maupun dukungan software.

HTC Nexus 9 3

Sebelumnya, sempat muncul ide untuk membuat Nexus 9 ini mempunyai penutup yang semuanya terbuat dari bahan metal. Namun ide tersebut akhirnya tidak disetujui dengan alasan kenyamanan penggunaan. Akhirnya, HTC pun tetap menggunakan bahan metal untuk menutupi bagian sisi device demi membuat Nexus 9 tampil lebih elegan. Namun mereka menutup bagian belakangnya dengan matte, semacam bahan plastik polycarbonate yang anti licin.

Tertarikkah anda dengan HTC Nexus 9 ini?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>