HTC Desire 616, Siap Bersaing di Pasar Smartphone Octa Core Indonesia

HTC Desire 616

Octa-Core, prosesor yang mempunyai 8 mesin dalam 1 inti, sering dianggap sebagai prosesor yang paling canggih saat ini. Terlepas dari bagaimana teknologi itu berjalan, apakah benar-benar octa-core atau hanya octa-core KW, tetap saja banyak yang menginginkan smartphone dengan prosesor ini. Saat ini, di Indonesia sebenarnya sudah ada IMO Clarity dan Himax Pure III yang menggunakan prosesor octa-core seperti itu. Dan kali ini, mereka mendapat pesaing baru yang sebentar lagi akan diluncurkan di Indonesia, yaitu HTC Desire 616. Menurut data yang didapat penulis dari Pengujian Perangkat Telekomunikasi di Dirjen Postel, HTC Desire 616 sudah lulus uji per tanggal 24 Juni 2014 yang lalu.

Fokus HTC ke Benua Asia

Setelah sebelumnya meluncurkan smartphone canggih HTC One M8, yang kemudian diikuti dengan versi plastiknya yang lebih murah, HTC kini mencoba untuk lebih serius menyasar pasar smartphone kelas menengah, khususnya di Benua Asia. Produsen yang berdomisili di Taiwan ini menegaskan hal tersebut ketika meluncurkan HTC Desire 616. Mereka mengatakan kalau smartphone HTC Desire 616 ini hanya akan dijual untuk konsumen di wilayah Asia dan Rusia, termasuk Indonesia.

Untuk memperkuat posisinya di pasar smartphone, Jack Yang (Presiden HTC untuk Kawasan Asia Selatan) juga mengatakan kalau HTC akan meluncurkan smartphone baru, dengan teknologi yang lebih mutakhir, setiap 3 bulan sekali.

Spesifikasi HTC Desire 616

Seperti judul yang saya sebutkan di atas, HTC Desire 616 ini akan memakai prosesor octa-core. Oleh karena itu, dalam membahas spesifikasi smartphone ini, saya akan membandingkannya dengan 2 smartphone lain yang juga menggunakan prosesor Octa-Core, yaitu Imo Clarity dan Himax Pure III.

Sama dengan IMO Clarity dan Himax Pure III, HTC Desire 616 juga menggunakan prosesor Octa Core besutan Mediatek, MT6592 1.7 GHz. Ukuran layar yang sekitar 5 inchi, mempunyai resolusi yang hampir sama dengan Himax Pure III. Sayangnya, untuk urusan kamera, HTC Desire 616 ini jauh tertinggal dari dua pesaingnya karena hanya memasang kamera 8 megapiksel untuk kamera utama, dan 2 megapiksel untuk kamera depan (IMO Clarity dan Himax Pure III sama-sama memasang kamera 13 megapiksel untuk kamera utama). Selain itu, HTC Desire 616 juga dilengkapi dengan 2 slot SIM Card, yang begitu digemari di banyak negara Asia.

Bagi yang ingin mengetahui spesifikasi lengkap tentang HTC Desire 616, silakan simak data dari GSM Arena berikut ini.

HTC Desire 616 Spec 1HTC Desire 616 Spec 2

Performa HTC Desire 616

Untuk urusan performa, mari kita serahkan kepada sang ahli, Antutu Benchmark. Menurut aplikasi yang bisa kita percaya ini, ternyata HTC Desire 616 (walaupun menggunakan prosesor octa-core) masih kalah jauh dari Xiaomi Mi3 dan LG G2. Namun HTC mungkin bisa berbangga hati karena smartphone terbaru mereka ini bisa berada di atas Samsung Galaxy Note 2 dan Samsung Galaxy S3.

HTC Desire 616 Antutu

Harga HTC Desire 616 di Indonesia

Menurut informasi dari Kompas.com, HTC Desire 616 dikabarkan akan dijual di Indonesia dengan harga 238 Dollar atau sekitar Rp 2.856.000. Namun bila kita melihat ke negara India, HTC Desire 616 ini sudah siap dijual dengan harga 280 Dollar (Rp 3.360.000). Perkiraan saya, bila sampai di Indonesia, HTC Desire 616 ini akan dijual dengan kisaran harga Rp 2.900.000 sampai Rp 3.500.000. Di forum Kaskus sendiri, sudah ada yang menjual HTC Desire 616 bekas dengan harga Rp 2.500.000.

Sumber Gambar : kaskus.co.id, pricepanda.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>