HijUp.com, Mimpi Menjadi E-Commerce Dunia dengan Dana Jutaan Dollar

image

Apabila pembaca suka menonton acara Ini Sahur di Net TV ketika bulan Ramadhan kemarin, pasti sudah tidak asing lagi dengan startup yang satu ini. Yup, HijUp.com, berkali-kali disebutkan oleh Sule dan Haruka ketika membawakan kuis. Tak ayal masyarakat pun jadi ‘berkenalan’ dengan startup ini, sekalipun sebelumnya belum pernah terdengar namanya.

Bagi yang belum tahu, HijUp.com adalah sebuah marketplace khusus busana muslim di Indonesia. HijUp.com dibuat oleh Diajeng Lestari sekitar 4 tahun lalu. Hingga awal tahun ini, Diajeng mengembangkan HijUp dengan metode bootstrap, atau menggunakan dana pribadinya sendiri.

Baru di awal tahun 2015, mereka mendapatkan pendanaan dari Fenox Venture Capital, 500 Startups, dan Skystar Venture. Jumlah dana yang didapat tidak disebutkan, namun dana itu cukup untuk meningkatkan pertumbuhan mereka menjadi begitu pesat, hingga 2 Juta pageview (kunjungan) per bulannya. Penjualan mereka pun meningkat hingga 4 kali lipat.

Walaupun berasal dari Indonesia, pengunjung HijUp.com justru banyak yang berasal dari Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia. Bahkan ada juga beberapa pelanggan mereka yang berasal dari negara-negara Eropa. Hal ini menjadi mungkin karena HijUp.com juga menyediakan layanan pengiriman ke luar negeri. Sedari awal, Diajeng memang merencanakan HijUp.com untuk menjadi startup berskala internasional.

Dana Jutaan Dollar Untuk HijUp.com

Bulan Ramadhan tahun ini sepertinya membawa berkah tersendiri bagi HijUp.com. Bagaimana tidak, tepat sehari sebelum hari raya Idul Fitri, atau pada tanggal 16 Juli 2015 kemarin, mereka berhasil mendapatkan pendanaan yang cukup besar dari Fenox Venture Capital, 500 Startups, dan EMTEK Group. Tidak disebutkan secara pasti berapa dana yang mereka terima, namun yang pasti dana tersebut mencapai 7 digit angka, alias beberapa Juta Dollar.

Dana sebanyak itu akan digunakan Diajeng Lestari, sang pendiri sekaligus CEO, untuk pembangunan infrastruktur, penambahan sumber daya manusia, dan pengembangan ke pasar yang lebih luas lagi.

“Ini seperti hadiah Idul Fitri bagi HijUp. Kami akan semakin agresif dengan pendanaan ini untuk meraih pasar yang lebih besar di kemudian hari. HijUp berambisi untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat mode Muslimah di dunia.” ujar Diajeng Lestari.

Kerjasama Spesial HijUp.com dengan Dian Pelangi

Untuk mengembangkan produk mereka, HijUp.com bekerjasama dengan lebih dari 100 desainer lokal seperti Ria Miranda, Jenahara, dan lain-lain. Bahkan beberapa bulan lalu, HijUp.com berhasil membuat kontrak eksklusif dengan desainer busana muslim terkenal, Dian Pelangi. Ini adalah pertama kalinya Dian Pelangi bekerjasama dengan sebuah e-commerce.

Hasil dari kerjasama ini adalah munculnya koleksi spesial Dian Pelangi yang bernama Luminoora, di website HijUp.com. Koleksi ini menggunakan pewarnaan gradasi yang unik, dilengkapi dengan taburan batu-batu Swarovski.

Menarik untuk ditunggu bagaimana perkembangan bisnis HijUp.com selanjutnya. Apakah mereka akan berhasil mengalahkan startup-startup lain seperti Hijabenka dan Saqina? Selain itu mereka juga harus bersaing dengan para pemain kecil yang menjual produk lewat Facebook dan Instagram, serta penjual konvensional di Pasar Tanah Abang.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

3 Responses

  1. Fauzan says:

    Mantap memang, iklannya jor-joran waktu sahur di NET.
    Selain itu, CEO Hijup adalah istri dari CEO Bukalapak, hehe.

  2. modal kuat dan tekad yang kuat tinggal di jalani aja hehe :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>