Happy Birthday to SMS

Saat ini, hampir seluruh umat manusia di dunia memakai alat telekomunikasi, baik berupa handphone, tablet, atau PC dan menggunakan fasilitas pengiriman pesan berupa teks setiap hari. Berbagai sarana dan software digunakan, dari yang konvensional berupa Short Message Service (SMS) hingga yang menyesuaikan era smartphone dan sosial media dengan Blackberry Messenger, WhatsApp, dan Line. Tapi adakah yang tahu siapa orang yang berperan di balik penemuan pengiriman pesan secara digital ini, dan kapan pertama kali pengiriman pesan tersebut terjadi?

Kebetulan, beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 3 Desember, adalah peringatan 20 tahun penemuan pesan teks. Pada tanggal 3 Desember 1992, sebuah pesan “Merry Christmas” dikirimkan oleh Neil Papwort dari sebuah PC kepada Richard Jarvis yang menggunakan perangkat mobile. Setelah itu Riku Pihkonen, seorang mahasiswa menggunakan sebuah handphone Nokia untuk mengirim SMS pertama lewat jaringan GSM. Pada tahun 1993, barulah fungsi SMS diperkenalkan secara komersial. Dan sejak itu, fasilitas pengiriman teks turut berkembang seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi mulai dari 2G, 3G, 3.5G hingga yang terbaru saat ini, 4G.

Lalu siapa sebenarnya penemu SMS? Dia adalah seorang Engineer asal Finlandia kelahiran tahun 1952 bernama Matti Makkonen. Menurutnya, ide awal penemuan SMS muncul pada tahun 1984 dalam sebuah diskusi santai sambil menyantap pizza. Pria yang dijuluki ‘Bapak SMS’ ini mengatakan kalau pengiriman pesan berbasis teks akan tetap eksis, walau dengan berbagai penyesuaian akan perilaku sosial dan teknologi yang berkembang.

Ironisnya, ia tidak mendapat sepeser pun dari penemuan yang mengubah perilaku komunikasi masyarakat dunia ini, karena ia memang tidak pernah mendaftarkannya sebagai paten. Ketika ditanya tentang hal itu, Makki hanya menegaskan kalau ia cukup senang dengan dimasukkannya SMS ke dalam fitur GSM.

So, have you sent any text message today? Just remember to give it a Happy Birthday hug :)

 

Sumber foto : pcmag.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>