Haaaaaaave You Met Jolla?

Hari ini bukan pertama kalinya saya mendengar kata Jolla dan Sailfish. Beberapa minggu yang lalu saya membaca sebuah artikel mengenai sebuah perusahaan di Finlandia bernama Jolla yang sedang mengembangkan sebuah OS untuk perangkat smartphone dengan nama Sailfish. Pada saat itu saya tidak melihat Jolla dan Sailfish sebagai sebuah pemain yang patut diperhitungkan, well, Blackberry dan Microsoft sebagai raksasa pun setengah mati bertahan ditengah gerusan pangsa pasar oleh Android dan iOS, what make them think they stand a chance?

Lalu pagi ini saya membaca sebuah ulasan mengenai Jolla dan OS jagoannya dengan headline yang cukup fantastis, dimana Sailfish diperbandingkan dengan Android dan iPhone. Cukup telak memang untuk Windows 8 yang dianggap belum “pantas” bersanding dengan Android dan iPhone.

Lebih lanjut tentang Jolla, perusahaan ini didirikan oleh “pengungsi” dari Nokia. Mereka cukup ambisius dengan OS mereka, bahkan mungkin radikalitas yang mereka bawa serupa pada saat Steve Jobs pertama kali memperkenalkan Mac di pasaran. Perlu diingat bahwa pada saat itu fitur multitasking serta user interface experience yang sangat user centric bukanlah suatu hal yang jamak (bahkan komputer personal pun masih merupakan ide yang radikal beberapa tahun sebelumnya).

Sami Pienimäki, penanggung jawab sales Jolla, mengungkapkan bahwa Sailfish memang tidak ditargetkan head-to-head dengan Android dan iPhone, mereka memilih strategi lain, satu kata kunci: Cina. Jolla melihat Cina sebagai negara dengan pertumbuhan penjualan smartphone yang menggiurkan. Jolla berharap Sailfish dapat menjadi alternatif bagi first-timer pengguna smartphone disana.

Ada dua hal yang dapat menjadi faktor penentu keberhasilan Sailfish: Multitasking, dan user experience yang sangat user centric. Dari demo yang diperlihatkan, Sailfish terlihat sangat unggul dalam dua hal tersebut, terlebih user interface-nya yang ciamik (meskipun sedikit mengingatkan kita dengan tipografi khas Windows Phone). Seberapa ciamik? Bisa dilihat sekilas disini:

Jika Sailfish mendapat sambutan yang hangat di Cina, bukan tidak mungkin Android dan iPhone akan benar-benar mendapatkan a worthy opponent di pasar global. We’ll see.

 

 

image: Sailfish User Interface

 

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>