Google Siap Luncurkan Satelit Mini Bersama Skybox

Google Skybox

Seperti tak puas dengan semua inovasi yang telah mereka lakukan di dalam atmosfer bumi, Google pun mencoba berinovasi di luar atmosfer. Salah satu hal yang mereka coba lakukan adalah dengan memaksimalkan fungsi satelit, sebagai media telekomunikasi. Untuk menunjang hal tersebut, baru-baru ini mereka juga mengakuisisi sebuah startup pembuat satelit, Skybox Imaging, dengan harga 500 Juta Dollar.

Skybox Imaging adalah sebuah startup yang pada bulan November 2013 kemarin baru saja meluncurkan sebuah satelit mini ke luar angkasa. Sekalipun satelit tersebut hanya seukuran sebuah meja makan, namun ia mempunyai kemampuan yang luar biasa. Satelit mini tersebut bisa mengambil gambar permukaan bumi dengan resolusi yang sangat tinggi, bahkan mengungguli yang bisa diberikan Google Earth.

Skybox berencana untuk meluncurkan 8 satelit lagi ke angkasa luar sebelum akhir tahun 2015. Pada tahun 2018, mereka mengharapkan telah bisa mempunyai 24 satelit yang terus mengelilingi bumi selama 24 jam non-stop. Nantinya, satelit-satelit tersebut bisa digunakan untuk mengumpulkan data-data spesifik seperti berapa jumlah mobil yang melintas di sebuah jembatan, atau berapa jumlah kapal yang hilir mudik di sebuah perairan. Dan penerapan semacam inilah yang selama ini dicari oleh Google.

Skybox Imaging

Kini Skybox telah jatuh ke pelukan Google, dan kemungkinan akan mendapatkan dana untuk mempercepat waktu peluncuran satelit-satelit mereka. Bila melihat proyek-proyek yang sedang digarap Google saat ini, kemungkinan Skybox Imaging akan bergabung dengan Sergey Brin dalam Google X untuk membantu proyek Self-Driving Car (mobil tanpa setir pengendali yang bisa berjalan secara otomatis).

Gambar-gambar satelit yang dihasilkan Skybox juga bisa berguna untuk aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di smartphone, dan bahkan Google Glass. Kita semua berharap, semoga penerapan teknologi tersebut nantinya tetap memperhitungkan aspek privasi dan etika moral. Semoga saja.


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>