Google Siap Luncurkan Android One Pada 15 September 2014

Undangan Google Untuk Pengumuman Menarik pada 15 September 2014

Undangan Google Untuk Pengumuman Menarik pada 15 September 2014

September resmi menjadi bulan peluncuran produk. Sebelumnya, kita telah mendengar kalau Apple akan mengumumkan iPhone 6 pada tanggal 9 September, kemudian ada Sony yang akan meluncurkan 2 smartphone dan 1 tablet pada tanggal 3 September, lalu dilanjutkan dengan Moto G yang dikabarkan akan hadir pada tanggal 4 September. Terima kasih kepada gelaran IFA 2014 yang membuat para produsen seolah berlomba untuk meluncurkan produk menjelang penjualan di akhir tahun nanti. Kali ini, giliran Google yang mengirimkan undangan kepada para media untuk menghadiri sebuah “Pengumuman Menarik” yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 September 2014.

Pada undangan tersebut, Google tidak menjelaskan apa yang akan mereka umumkan, bahkan mereka juga tidak memberitahu di mana mereka akan mengadakan pengumuman tersebut. Namun, diperkirakan kalau pada tanggal tersebut Google akan mengumumkan sebuah device yang mereka ceritakan pada event Google I/O yang lalu, Android One.

Apa Sih Android One Itu?

Android One

Di artikel sebelumnya, saya telah menceritakan kalau Google tengah mengembangkan produk smartphone sederhana yang berharga murah, Android One namanya. Ia adalah sebuah konsep produk smartphone dengan fitur Dual-Sim Card, slot MicroSD, dan Radio FM, yang banyak dibutuhkan oleh pengguna di negara-negara berkembang.

Untuk memproduksi dan menjual Android One ini, Google tidak melakukannya sendiri. Mereka akan bekerjasama dengan para produsen pembuat smartphone yang sudah berpengalaman. Saat ini, sudah ada 3 produsen yang akan memasarkan Android One untuk pasar smartphone di India, mereka adalah Micromax, Karbonn Mobile, dan Spice Mobile. Nantinya, setiap produsen bisa memproduksi smartphone Android One ini untuk pasar smartphone di masing-masing negara, tentunya dengan mengajukan izin pada Google terlebih dahulu.

Senjata utama dari Android One ini adalah fitur update otomatis yang tersedia, sehingga pengguna akan selalu mendapatkan pengalaman memakai software Android terbaru, tanpa harus mendownload secara manual. Di sisi lain, hal ini juga menguntungkan Google yang tengah berusaha memperluas penggunaan smartphone Android ke 1 Milyar pengguna baru.

Kapan smartphone jenis ini hadir di Indonesia? Kita tunggu saja. Setelah diumumkan oleh 3 produsen yang saya sebutkan di atas, kemungkinan produsen-produsen lokal di Indonesia seperti Smartfren, Mito, dan IMO juga akan ikut membuat smartphone Android One.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>