Google Setuju Prediksi Cortana – Jerman Akan Jadi Juara Piala Dunia 2014

Germany World Cup 1

Memprediksi suatu pertandingan sepakbola dengan menggunakan benda atau hewan sepertinya sudah tidak lagi menarik. Era tersebut telah lawat, bersamaan dengan wafatnya Paul si Gurita yang meramal dengan baik pada Piala Dunia 2010, 4 tahun yang lalu. Kini kita telah sampai di era teknologi modern, jadi apa salahnya memprediksi sebuah pertandingan sepakbola dengan analisa komputer?

Prediksi Juara Piala Dunia 2014

Sebelumnya, saya telah menceritakan tentang perjalanan Cortana, software kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) milik Microsoft, yang berhasil menebak seluruh pertandingan di fase gugur Piala Dunia 2014. Walau sempat mengalami kesalahan ketika menebak pertandingan di fase grup (dengan tingkat kesuksesan 60%), Cortana berhasil menarik perhatian dunia ketika mereka berhasil menebak hasil pertandingan di babak Perdelapan Final, dan Perempat Final. Yang terbaru, mereka juga berhasil menebak kalau Jerman dan Argentina akan mengalahkan lawan-lawannya untuk kemudian saling bertanding di Babak Final. Untuk urusan siapa yang menjadi juara di Piala Dunia kali ini, Cortana tampaknya lebih menjagokan Jerman.

Cortana Final Piala Dunia 2014

Prediksi Cortana Tentang Juara Piala Dunia 2014

Dalam melakukan prediksi yang menakjubkan tersebut, Microsoft menggunakan Bing Prediction Engine, yang menghitung segala aspek yang berpengaruh terhadap hasil sebuah pertandingan. Aspek tersebut meliputi waktu pertandingan (siang / malam), kondisi cuaca (cerah / hujan), dukungan penonton, berita terkini (adakah pemain yang cedera?), hingga kondisi rumput di stadion tempat berlangsungnya pertandingan tersebut. Hasilnya, Microsoft memprediksi kalau Jerman akan keluar sebagai Juara Piala Dunia 2014.

Google Membuat Mesin Prediksi Dengan Google Cloud Platform

Google Cloud Platform

Baru-baru ini, setelah prediksi dari Microsoft keluar, Google pun menampilkan hasil prediksi dari software yang mereka buat menggunakan Google Cloud Platform. Google Cloud Platform merupakan sebuah mesin yang bisa kita gunakan untuk merangkum sebuah kumpulan data yang sangat besar, hingga menghasilkan sebuah data lain yang kita inginkan. Mesin ini dilengkapi dengan 2 fitur utama, Google Cloud DataFlow dan Google BigQuery. Mesin ini akan terus berjalan (online) dan terbuka untuk digunakan oleh siapapun.

Untuk Piala Dunia 2014, mereka pun memakai mesin tersebut untuk memprediksi hasil pertandingan yang berlangsung di fase gugur. Google pun mengambil data dari Opta Sport, sebuah startup yang memproduksi statistik pertandingan-pertandingan sepakbola di liga-liga utama dunia, untuk kemudian dimasukkan ke mesin Google Cloud Platform. Data tersebut kemudian mereka kombinasikan dengan sebuah algoritma yang mereka buat sendiri, agar menghasilkan sebuah prediksi yang menjadi kenyataan.

Google Jagokan Jerman Jadi Juara Piala Dunia 2014

Bagaimana hasil prediksi Google selama ini? Dari 14 prediksi, Google hanya salah 1 kali, yaitu ketika mereka memprediksi kalau Perancis akan mengalahkan Jerman di babak Perempat Final.

Kesalahan Prediksi Google atas Pertandingan Perancis vs Jerman

Kesalahan Prediksi Google atas Pertandingan Perancis vs Jerman

Atas kesalahan prediksi tersebut, Google beralasan kalau data yang mereka dapatkan menyebutkan kalau Perancis punya daya serang yang kuat. Di sisi lain, menurut Google, Jerman juga punya sejarah pertahanan yang buruk, karena permainan mereka yang terbuka. Hal tersebut memang terbukti di pertandingan, namun ternyata para penyerang Perancis seperti tidak beruntung dan gagal mengubahnya menjadi gol. Saat menjelaskan alasan-alasan ini, mereka pun sedikit menyindir Cortana yang menurut mereka hanya membuat prediksi berdasarkan pasar taruhan dunia.

Untuk pertandingan final, Google kembali membuat prediksi, yang (mungkin saja) kebetulan sama dengan prediksi dari Cortana. Mereka mengatakan kalau Jerman akan mengalahkan Argentina di Partai Final, sedangkan Brazil akan menaklukkan Belanda di perebutan tempat ketiga.

Google Prediksi Jerman Sebagai Juara Piala Dunia 2014

Google Prediksi Jerman Sebagai Juara Piala Dunia 2014

2 perusahaan teknologi terbesar dunia telah mengatakan kalau Jerman akan menjadi Juara Piala Dunia 2014, akankah menjadi kenyataan?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>