Google Glass – Antara Isu Keamanan dan Aplikasi Baru

image

Setelah hampir tidak membahas sama sekali tentang Google Glass di hari pertama gelaran Google I/O, Google akhirnya membahas perkembangan teknologi terbaru mereka tersebut pada hari kedua, kamis kemarin. Saat sesi “Developing for Glass”, Google mengumumkan beberapa aplikasi baru yang kini hadir di Google Glass. Apa saja? Mari kita bahas satu per satu.

Facebook, Twitter, Tumblr – Tak mengejutkan rasanya melihat kehadiran 3 raksasa Social Media ini di Google Glass. Nantinya mereka akan lebih berfungsi sebagai news feed yang tampil secara simultan, sekaligus sebagai jendela untuk sharing foto secara langsung.

Evernote – Mungkin kalian sedikt bingung, apa gunanya aplikasi Note ini pada Google Glass. Tapi di era cloud computing seperti sekarang, banyak sekali yang bisa kita manfaatkan dari Evernote. Sebagai contoh, kalian bisa mencatat daftar belanjaan atau to-do-list harian di Evernote, untuk kemudian ditampilkan di layar Google Glass.

CNN, Elle – Yang satu adalah website yang berisi berita umum, yang satunya penuh dengan informasi fashion. Isi kedua website besar itu pasti akan banyak berguna ketika muncul di layar Google Glass.

Ice Breaker - Game pertama yang hadir di Google Glass. Penasaran gak sih cara mainnya seperti apa?

image

Selain aplikasi-aplikasi baru di atas, sebenarnya Google Glass generasi awal telah diisi oleh beberapa aplikasi seperti Path dan New York Times. Khusus untuk kehadiran Path, sang CEO (Dave Morin) dan CTO (Nathan Folkman) lah yang menegaskan komitmen Path di Google Glass. Path memang punya beberapa fitur penting yang sangat pas dengan Google Glass, seperti keintiman pertemanan user yang terbatas hanya untuk 150 teman, dan tampilan stripped-down yang nyaman karena didesain khusus untuk perangkat mobile.

Tapi … Perkembangan Google Glass bukan tanpa rintangan dan isu negatif. Beberapa anggota kongres Amerika Serikat belum lama ini telah melayangkan surat kepada Google, untuk mempertanyakan komitmen mereka terkait privasi data pengguna Google Glass. Isu terkait keamanan data memang sedang ramai diperbincangkan, karena Wearable Device seperti Google Glass ini pasti akan merekam aktivitas kita sehari-hari, yang bisa digunakan orang-orang jahat untuk kepentingan buruk mereka.

Jadi, siapkah anda untuk menjadi pengguna Google Glass mulai tahun depan?

Sumber Gambar : engadget.com, blog.evernote.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>