Global Mobile Internet Conference : Perbedaan Microblog dan Messaging

GMIC2014

Menyadari betapa perkembangan akses internet terutama lewat perangkat mobile sudah demikian tinggi, Global Mobile Internet Conference (GMIC) pun mulai digelar di Beijing pada tahun 2009. Acara tersebut awalnya dibuat oleh sebuah organisasi yang bernama Great Wall Club (GWC) sebagai ajang berkomunikasi para praktisi dunia mobile di China dan Jepang. Tapi ternyata acara tersebut menarik perhatian lebih banyak orang, termasuk para raksasa dunia maya di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Karena begitu terkenalnya GMIC sejak acara tersebut pertama kali digelar, mulai tahun 2012 GMIC pun digelar dua kali dalam setahun. Yang pertama adalah di bulan Mei, bertempat di China National Convention Center, Beijing. Sedangkan yang kedua digelar pada bulan Oktober di Silicon Valley, California.

Tahun ini, GMIC digelar pada tanggal 5 sampai 6 Mei 2014. 15 ribu pemerhati teknologi mobile dari 50 negara diperkirakan akan berkumpul di negara tirai bambu tersebut, termasuk para raksasa teknologi dunia seperti Google, Microsoft, dan Tencent. Mereka semua akan membahas segala hal yang perlu dipersiapkan dalam “Menyambut 5 Milyar Pengguna Internet” yang merupakan tema acara tahun ini. Yup, dalam waktu 10 tahun diperkirakan pengguna Internet diperkirakan akan bertambah dari 3 Milyar pengguna menjadi 8 Milyar pengguna.

Salah satu pembahasan yang menarik di GMIC tahun ini adalah diskusi tentang perbedaan menggunakan layanan multiblogger seperti Twitter dan layanan pengiriman pesan seperti WhatsApp. Hal ini menjadi menarik karena data yang menyebutkan kalau WeChat (yang fungsinya sama dengan WhatsApp) kini lebih sering dipakai oleh pengguna Internet di China dibanding layanan yang mirip dengan Twitter, Weibo.

Menanggapi data tersebut, Gaofei Wang (Chief Executive Officer / CEO dari Weibo) menjelaskan kalau Weibo dan WeChat adalah dua layanan dengan fungsi dan target pasar yang berbeda. Dengan Weibo, pengguna bisa menulis dan membaca informasi apapun, karena semuanya dipublikasikan secara bebas. Sedangkan dengan WeChat, anda hanya bisa berbagi informasi dengan pengguna yang terbatas, yang biasanya merupakan saudara atau teman anda.

Hal ini senada dengan apa yang dikatakan oleh Shailesh Rao (Wakil Presiden Twitter untuk kawasan Amerika, Asia Pasifik, dan negara berkembang). Rao menjelaskan kalau perbedaan yang paling mendasar dari Twitter dan aplikasi-aplikasi pengiriman pesan adalah prinsip Twitter = Public, dan Message = Private.

Sumber Gambar : jetro.go.jp


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>