GizChina, Tempat Mengintip Teknologi Terbaru dari Tiongkok

GizChina

China awalnya hanyalah tempat di mana para produsen-produsen besar membuat produk mereka, semua karena gaji karyawan di China yang lebih murah bila dibandingkan dengan negara-negara lain. Namun sekarang, China telah berubah, dan menjadi lebih dari sekedar pabrik pembuat gadget. China kini sudah bisa memproduksi sendiri produk-produk teknologi yang mumpuni baik dari sisi hardware maupun software.

Untuk urusan hardware, Xiaomi adalah salah satu contohnya. Adapun untuk urusan software, mereka pun mempunyai developer-developer handal, dengan Tencent sebagai salah satu perusahaan pembuat software yang paling terkenal di sana. Bahkan, e-commerce mereka, Alibaba, kini sudah sangat terkenal di seantero dunia. Oleh karena itu, tidak akan ada yang menyangkal kalau China disebut-sebut sebagai salah satu negara yang paling penting dalam bisnis teknologi informasi dunia.

Sayangnya, China merupakan sebuah negara dengan iklim politik yang kurang bersahabat bagi dunia luar. Banyak sekali batasan dan sensor yang dilakukan oleh pemerintah China, termasuk untuk informasi-informasi yang beredar di dunia maya. Karena itu, informasi yang beredar di China, jarang yang sampai ke telinga masyarakat dunia.

Masalah ini dipahami betul oleh Andrew Sykes atau yang biasa dikenal di internet dengan panggilan Andi. Pada bulan Februari 2010, Andi mendaftarkan sebuah website yang bernama GizChina.com. Dengan website tersebut, ia mempunyai misi untuk memberitakan semua informasi terbaru tentang teknologi di China, kepada masyarakat dunia. Andi sendiri tinggal di Qingdao, sebuah kota yang berada di provinsi Shandong, sebelah timur negeri China. Dengan hanya bermodal 9 penulis, termasuk dirinya sendiri, Andi berhasil mengangkat nama GizChina. Kini, mereka telah memiliki banyak sekali pembaca dari seantero dunia, terutama dari Amerika Serikat, India, Inggris, Jerman, Perancis, dan lain-lain.

Ketika tulisan ini dibuat, GizChina menempati posisi ke 17.829 dalam daftar website-website terbaik dunia versi Alexa.Mereka pun terus melakukan perubahan demi membuat website mereka menjadi lebih besar. Di antara cara yang mereka lakukan adalah dengan membuat GizIndia.com, yang khusus memberitakan informasi dari negara yang merupakan salah satu pusat perkembangan startup di Benua Asia. Mereka juga tengah membuka perekrutan untuk penulis-penulis baru demi memperbanyak konten website mereka. Jadi, bila anda ingin informasi teknologi terbaru dari negeri tirai bambu, langsung saja buka GizChina.com.


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>