Game of Thrones Ascent, Hadirkan Dunia George R.R. Martin Dalam Game Simulasi

Game of Thrones Ascent 3

Anda pernah menonton serial TV Game of Thrones yang ditayangkan oleh HBO? Atau anda mungkin malah merupakan penggemar setia serial tersebut? Bagi yang belum pernah menonton atau mendengarnya, Game of Thrones adalah sebuah serial TV yang merupakan adaptasi dari seri buku terkenal A Song of Ice and Fire karya George R.R. Martin. Baik novel maupun serial TV tersebut menceritakan tentang perebutan kekuasaan yang terjadi di sebuah kerajaan fiksi bernama Westeros. Di dalamnya terdapat intrik dan pertarungan antara kesetiaan dan pengkhianatan, ketulusan dan kemunafikan, serta kerakusan akan harta & kekuasaan.

Baru-baru ini, Disruptor Beam, sebuah developer game asal Massachusetts, Amerika Serikat, merilis sebuah game mobile tentang Game of Thrones, mereka memberinya judul Game of Thrones Ascent. Untuk membuat game tersebut, mereka bekerja sama dengan HBO dan George R.R. Martin demi mendapatkan cerita dan strategi permainan yang mirip dengan apa yang diceritakan di serial TV dan novelnya.

Gameplay Game of Thrones Ascent

Game of Thrones Ascent 1

Dalam permainan tersebut, kita akan bermain sebagai seorang tokoh bangsawan yang bebas kita pilih nama, jenis kelamin dan wujud karakternya. Di awal cerita, kita harus memilih untuk loyal terhadap salah satu family / klan yang disebutkan di dalam serial TV dan novel Game of Thrones, seperti Stark, Baratheon, Lannister, Martell, Greyjoy, Tyrell, dan lain-lain. Apapun family yang kita pilih, bisa memberikan pengaruh yang berbeda kepada kelanjutan permainan kita.

Selama permainan, kita akan dihadapkan pada skenario-skenario menarik yang juga disesuaikan dengan cerita yang dibuat oleh George R.R. Martin. Sebagai bangsawan, ada strategi-strategi politik yang harus kita jalankan, dengan beberapa pilihan cara yang bisa kita tentukan sendiri. Menurut saya, di sinilah menariknya game ini, di mana kita bisa bebas menentukan apa yang akan kita lakukan, dan keputusan tersebut bisa menentukan nasib tokoh kita sepanjang game.

Game ini sebenarnya sudah diluncurkan sebelumnya untuk platform Facebook, dan berhasil menyabet gelar sebagai Facebook Game of The Year pada tahun 2013. Kini, Disruptor Beam merilis juga versi mobile dari game tersebut, demi menjaring lebih banyak pemain. Sejauh ini, game mobile yang sudah bisa didownload di Google Play dan AppStore ini terbukti cukup disukai masyarakat, terutama bagi para penggemar serial TV dan novel Game of Thrones.

Review Game of Thrones Ascent dari WesterosID

Game of Thrones Ascent 2

Untuk mereview game ini, mungkin lebih pas kalau saya serahkan kepada seorang penggemar dari serial TV dan novel Game of Thrones. Karena itu, saya meminta bantuan dari Silvana, yang tergabung dengan WesterosID, sebuah fans base Game of Thrones di Indonesia, untuk memberikan review.

Menurut Silvana, Game of Thrones Ascent punya jalan cerita yang begitu menarik, mengungkap banyak sisi dari dunia Westeros yang sebelumnya hanya bisa dinikmati dalam serial TV dan novelnya. Pilihan-pilihan yang bisa kita lakukan di game ini bisa membuat kita jadi lebih tertantang, karena perbedaan pilihan bisa menghasilkan jalan cerita yang berbeda. Hal itu juga didukung dengan misi-misi (quest) yang cukup banyak, sehingga game ini tidak bisa diselesaikan dengan begitu mudah.

Sayangnya, menurut Silvana, karena game ini dirilis dengan wujud ‘in-app purchase’, beberapa fitur di dalam game ini baru bisa kita pakai bila kita telah membayar sejumlah uang. Selain itu, game ini juga merupakan game yang ‘boros kuota internet’, karena ia menampilkan grafis yang cukup tajam dan kompleks.

Jadi, sudah siap untuk meraih kejayaan di Westeros dengan Game of Thrones Ascent?

Download Game of Thrones Ascent di AppStore

Download Game of Thrones Ascent di Google Play

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>