Game Developer Gathering (GDG) 2015, Saatnya Pelaku Industri Game Bersuara

Pendaftaran GDG Prime

“Sejak dahulu, Game telah disalahartikan oleh beragam lapisan masyarakat,” begitulah ujar Saiyai Sakawee, Chief Marketing Officer dari MSeed Asia, yang merupakan satu-satunya akselerator khusus untuk para developer game di Thailand. Walaupun Saiyai mengatakan hal tersebut ketika ia tengah membahas kondisi industri game di Thailand, namun secara tidak langsung kata-kata tersebut juga dirasakan oleh pelaku industri game di tanah air. Para pembuat dan pemain game di Indonesia memang masih sering dipandang miring oleh banyak kalangan.

Lalu bagaimana cara meluruskan kesalahpahaman tersebut? Kesempatan terbaik untuk meluruskan pemahaman dan menyatukan sikap dari para pelaku industri game, adalah event Game Developer Gathering (GDG), yang merupakan konferensi developer game terbesar di Indonesia. Setelah sukses dalam 6 gelaran sebelumnya, GDG ke-7 akan kembali digelar pada tahun 2015 ini. GDG sebenarnya sudah dimulai dengan acara roadshow ke beberapa kota besar di Indonesia, seperti Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Dan saat ini, kita kian dekat dengan acara puncak dari GDG, yaitu GDG Prime 2015, yang akan diadakan di Universitas Telkom, kota Bandung, pada hari Sabtu, 7 November 2015.

GDG tahun ini diadakan oleh Duniaku.net, salah satu media game online terbesar di Indonesia, bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI), yang merupakan wadah bagi seluruh perusahaan yang bergerak di industri game Indonesia. Namun mereka tidak sendirian, karena masih ada banyak pihak yang juga turut bekerja sama dalam mewujudkan acara ini, seperti Universitas Telkom, Toge Productions dan Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika dari Kemenkominfo. Selain itu, dukungan pun hadir dari Komunitas Game Developer Indonesia (GameDevID), Dicoding, Tinker Games, Agate Studio, Agate Jogja, Mojiken Studio, dan Goethe.

Apa sih Tujuan Dibuat GDG?

Dalam membuat GDG, Duniaku.net dan AGI mempunyai misi khusus untuk menghubungkan semua elemen di dalam industri game, mulai dari mahasiswa, developer game, investor, publisher hingga media game, agar mereka semua bisa saling berbagi pengalaman, yang baik maupun yang buruk, selama berkecimpung di industri game.

Showcase GDG Prime

Robi Baskoro, CEO dari Duniaku.net yang juga merupakan ketua panitia dari GDG 2015, mengatakan kalau mereka berharap GDG ini bisa menjadi hub atau penghubung bagi para pelaku industri game (agar bisa) berkolaborasi lebih jauh lagi. Apalagi dalam acara ini akan hadir para investor penting yang bisa menyuntikkan dananya untuk keberlangsungan hidup industri game.

“Game Developer Gathering merupakan event terbesar bagi para pelaku industri game di Indonesia. Senang sekali pada tahun 2015 ini GDG diadakan di beberapa kota di Indonesia. Harapan saya dengan GDG 2015 ini, jumlah Game Studio dan profesional kita akan semakin bertambah dengan kualitas game yang semakin meningkat dan bersaing secara global,” lanjut Andi Suryanto, Presiden dari AGI.

Siapa Saja Pembicara yang Akan Hadir di GDG?

Untuk GDG Prime 2015, panitia sudah menyiapkan lebih dari sepuluh pembicara, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri, yang akan mengisi masing-masing sesi talkshow di tiga ruangan berbeda. Beberapa pembicara nasional yang akan hadir dalam GDG Prime 2015 kali ini antara lain Anton Soeharyo (Touchten Games), Kris Antoni (Toge Productions), Tedo Salim (Alkemis Games), Henry Jufri (Game Dev Makassar) serta Muhammad Ajie (Tinker Games). Selain itu, ada juga beberapa nama pembicara internasional yang siap berbagi ilmu dalam GDG Prime 2015 ini seperti Joyce Law (Unity), Spencer Yip (Siliconera dan YummyYummyTummy), dan Brandon Sheffield (E3).

Bukan hanya itu saja, dalam GDG juga akan ada beberapa acara menarik, seperti showcase beberapa game buatan developer Indonesia, workshop teknologi pengembangan game, dan open recruitment bagi masyarakat dan mahasiswa yang ingin terjun ke bidang pengembangan game. Akan ada juga sesi workshop dari Unity yang bisa diikuti peserta selama satu hari penuh.

Bagaimana Cara Ikutan GDG?

Animo developer game untuk mengikuti Game Developers Gathering (GDG) Prime 2015 ini ternyata sangatlah besar. Hal ini ditunjukkan dengan sudah habisnya tiket yang didistribusikan melalui Dicoding, padahal acara masih kurang dua minggu lagi sebelum hari-H. Sebagai informasi, untuk gelombang pertama pendaftaran via Dicoding, panitia GDG Prime 2015 membuka slot pendaftaran peserta sebanyak 500 developer. Karena itu, panitia GDG pun sudah menambah kuota peserta 200 developer lagi yang masih dibuka hingga sekarang.

Poster GDG Prime 2015

Pendaftaran peserta GDG Prime 2015 bisa dilakukan melalui dua jalur. Pertama bisa melalui Dicoding, di mana peserta bisa mendapatkan benefit berupa poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai reward dari Dicoding. Dan kedua, bisa melalui jalur Eventbrite, di mana satu orang bisa mendaftar untuk mendapatkan maksimal 4 tiket sekaligus. Informasi lebih lanjut mengenai GDG 2015 ini bisa dilihat di www.gamedevgathering.com atau menghubungi gdg@duniaku.net.

Bagi kalian yang tidak mau ketinggalan dengan perkembangan game, sekaligus menjadi saksi betapa hebatnya industri game di Indonesia, GDG Prime merupakan event yang tak boleh anda lewatkan.

Aitinesia.com merupakan Official Media Partner dari Game Developer Gathering (GDG) 2015. Anda bisa menemukan segala informasi terkini tentang GDG 2015 di website kesayangan anda ini.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>