Foto, Getty Images Rasa Afrika

Foto Africa

Begitu mudahnya pengguna Internet mendapatkan foto di Internet, membuat startup penyedia foto berbayar seperti Getty Images sedikit kelimpungan. Praktis hanya media-media formal baik cetak maupun visual (televisi) yang ‘terpaksa’ untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkan foto-foto mereka. Sedangkan media-media informal seperti blog dan yang sejenisnya lebih sering ‘mencuri’ foto-foto berbayar dengan berbagai macam cara. Akhirnya, baru-baru ini mereka pun meluncurkan fitur ‘Embedded Picture’, sehingga para blogger bisa menggunakan gambar-gambar dari Getty Images tanpa harus membayar.

Selain itu, Getty Images juga harus menghadapi tantangan dari para pesaing mereka. Selain mereka, di dunia ada juga nama-nama seperti Corbis dan Shutterstock. Dan yang baru ini diluncurkan di Afrika, tepatnya di Nigeria, adalah sebuah startup penyedia gambar berbayar yang diberi nama Foto.

Setelah dibangun selama 1 tahun, akhirnya Foto pun diluncurkan untuk menjadi pemain baru di industri jual beli foto dunia yang pada tahun 2012 mrnghasilkan uang sebesar 2.88 Milyar Dollar untuk para pelaku industri tersebut. Dan Foto ingin menyasar pasar fotografi khususnya di benua Afrika, yang sering terabaikan oleh fotografer-fotografer mancanegara. 13 orang pegawai telah dikumpulkan di Spark Building untuk membangun Foto dan memenuhi target 100.000 stok foto di akhir tahun ini.

Jonathan Oringer, pendiri Shutterstock, telah menjadi orang pertama dengan kekayaan melebihi 1 Milyar Dollar dari bisnis jual beli foto di dunia maya. Sandeep Maheshwari, merubah keuntungannya dari sekedar tukang foto passport dan pernikahan menjadi pemilik startup dengan 1.000.000 foto dan 11.000 fotografer yang bernama ImagesBazaar. Kalau dikelola dan dipasarkan dengan baik, Foto bisa menjadi startup yang besar seiring dengan makin berkembangnya koneksi internet di Afrika.

Gambar-gambar yang disajikan di sini dijamin bukan gambar curian. Beberapa gambar kami buat sendiri dan sisanya kami tampilkan dengan mencantumkan sumber di mana kami mendapatkannya.

 

Sumber Gambar : yourstory.com

 

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>