Flipboard – Pusat Majalah Dunia

Zite

Pada tahun 2011, kantor berita CNN membeli Zite seharga 20 Juta Dollar. Tujuan mereka saat itu jelas, untuk mengangkat posisi mereka di persaingan antar kantor berita dunia. Dengan Zite, mereka berharap untuk lebih bisa berbicara di teknologi aplikasi mobile. Kini, 3 tahun berselang, nilai aplikasi yang berguna untuk menampilkan berita itu meningkat menjadi 3 kali lipat ke angka 60 Juta Dollar. Yup, dengan harga sebesar itulah baru-baru ini Zite dibeli oleh sebuah aplikasi majalah digital, Flipboard.

Flipboard adalah sebuah aplikasi yang mengumpulkan berita dari berbagai sumber, kemudian menampilkannya dengan bentuk yang lebih menarik, dan isi yang lebih personal. Kita bisa memilih apa saja jenis berita yang ingin kita lihat, dan Flipboard akan mengumpulkan berita-berita terbaru tentang tema yang kita pilih dalam bentuk sebuah majalah digital. Dengan bergabungnya Zite, diharapkan hasil penemuan berita yang diolah oleh Flipboard bisa lebih memuaskan pembaca. Hal ini diungkapkan langsung oleh CEO Flipboard, Mike McCue.

Di sisi lain, selama ini Zite memang seperti kurang mendapat sorotan. Ia masih kalah bergaung bila dibandingkan dengan Feedly, Facebook Paper, dan lain-lain. Walaupun CNN sebenarnya mempunyai 80 juta kunjungan setiap bulannya, namun hal itu tidak langsung membuat Zite jadi ikut terkenal. Sebelum proses akuisisi ini, CNN mengakui kalau pengguna Zite cukup jauh di belakang Flipboard.

Dengan pembelian ini, seluruh pegawai Zite akan bergabung dengan Flipboard. Namun, hanya ada 1 orang yang memutuskan untuk tidak bergabung, yaitu pimpinan mereka sendiri, Jake Harren. Dalam tulisannya di LinkedIn, Harren mengatakan kalau Zite telah berkembang menjadi startup yang kuat selepas bergabungnya mereka dengan CNN. Sekalipun karyawan mereka tidak banyak, hanya sekitar 15 sampai 20 orang, namun mereka semua mempunyai kemampuan untuk membuat sebuah mesin pencari berita yang kuat, lengkap dengan fitur-fitur pendukung untuk memudahkan pengguna dalam memakainya. Walau begitu, Harren mengatakan kalau ia ingin mencari sesuatu yang berbeda, dan karena alasan itulah ia meninggalkan Zite selepas akuisisi dari Flipboard ini.

Head of Digital di CNN, KC Estenson, mengatakan kalau hubungan yang terjadi antara Zite dan Flipboard akan menjadi hubungan yang sehat. Mereka akan bekerja sama dalam pengembangan software dan penjualan iklan. Fareed Zakaria, Jake Trapper, dan John King akan memulai hubungan tersebut dengan membuat beberapa majalah khusus di Flipboard.

Flipboard

Flipboard sendiri sedang benar-benar menanjak akhir-akhir ini. Pengguna mereka bertambah menjadi 100 juta pengguna, bertambah 15 juta pengguna sejak akhir tahun lalu. Di bulan september kemarin mereka juga mendapat tambahan dana 50 Juta Dollar sehingga menaikkan nilai jual mereka ke angka 800 Juta Dollar. Dengan makin bertambahnya koran, majalah, dan kantor berita yang bergabung dengan Flipboard, maka lama kelamaan ia bisa menjadi kiblat majalah di seluruh dunia.

Sekalipun Flipboard telah begitu besar, namun sebagai ‘mesin pencari berita’, masih banyak kekurangan yang ada di Flipboard. Terbatasnya sumber berita membuat keinginan pembaca terkadang tidak bisa terpenuhi. Karena itu kebanyakan orang lebih memilih menggunakan RSS Feeder (contohnya Feedly) di mana pengguna bebas menentukan sumber-sumber berita yang mereka inginkan, dengan tampilan yang sederhana dan tak jauh beda dengan Flipboard. Apalagi mereka juga didukung aplikasi penyimpanan berita yang memungkinkan kita membacanya di lain waktu seperti Pocket, Instapaper, Readability, dan lain-lain.

Sumber Gambar : droid-life.com, fastcompany.com

 

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>