Flexible Display – Aitinesia 2013 Information Technology Outlook – Bagian 2

Sudah lihat video demonstrasi Corning, produsen teknologi Gorilla Glass, mengenai teknologi display? Kalau belum mari kesini dulu. Menurut Corning, teknologi display menggunakan medium yang fleksible masih butuh beberapa tahun lagi untuk bisa dinikmati. Namun Samsung pada CES 2013 bulan Januari kemarin menunjukkan contoh display layar yang fleksible dan fungsional yang dinamakan teknologi YOUM. Saat itu banyak yang berspekulasi bahwa Galaxy S IV akan dilengkapi dengan layar yang fleksible sebagaimana yang telah didemonstrasikan Samsung pada even tersebut. Galaxy Note III-pun digadang-gadang akan memiliki teknologi serupa.

April sudah dimulai, Galaxy S IV-pun telah resmi diluncurkan, namun tidak terdapat teknologi tersebut pada flagship Samsung ini. Apakah ini pertanda bahwa apa yang dikatakan Corning memang benar bahwa masih butuh beberapa tahun lagi sampai kita dapat menikmati display fleksible dalam genggaman?

LG nampaknya tidak setuju. Melalui berita yang dikutip The Korea Times, LG dikatakan akan segera meluncurkan produksi display fleksible pada tahun ini, mendahului rival beratnya, Samsung.

Adakah tidak berlebihan menanggapi optimisme berita LG tersebut mengingat LG adalah salah satu pelopor teknologi display di dunia. Tren teknologi OLED serta TV beresolusi 4K dimulai dari perusahaan ini, dan apabila Anda mengikuti dengan jarak yang cukup dekat mengenai perkembangan teknologi smartphone, Anda akan familiar dengan kata IPS (In-Plane Switching) yang  jamak digunakan pada smartphone terkini-LG lah supplier global dari komponen tersebut.

Kesimpulannya, mengingat sudah adanya dummy display fleksible yang fungsional bekerja dengan baik, teknologi ini bukanlah teknologi awang-awang. Lalu mengenai waktu sekian tahun yang masih dibutuhkan bukan dalam arti kesulitan teknis per se, namun lebih kepada manufacturing cost supaya bisa memproduksi teknologi tersebut secara massal dengan harga yang terjangkau bagi konsumen, serta mungkin isu integrasi dengan komponen-komponen lain. LG sebagai pemain utama dalam bidang display digadang-gadang akan mempelopori produksi teknologi ini secara massal tahun ini. Mengingat prestasi LG di bidang tersebut, isu ini bukanlah sesuatu yang mustahil.

Bagaimanapun juga, teknologi ini akan menjadi suatu tren yang jamak kita nikmati dimasa yang akan datang. Persaingan perusahaan-perusahaan produsen teknologi sejenis akan semakin menyuburkan berkembangnya teknologi tersebut. Meskipun ide mengenai smartphone dengan layar yang dapat ditekuk tidak terlalu “wah” secara fungsional (atau mungkin Apple memiliki ide-ide menakjubkan lain mengenai manfaat teknologi ini… kita lihat saja)

 

 

 

Gambar diambil dari sini

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>