Fitur Terbaru Android Lollipop, Mengatur Settingan Smartphone Dengan Suara

Google Now

Perintah dengan suara, atau Voice Command, sepertinya akan menjadi teknologi yang semakin sempurna. Semua itu berkat kemajuan sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dikembangkan oleh hampir seluruh platform smartphone terkemuka. Kita kini telah mengenal kecerdasan buatan dengan nama Siri untuk iOS, Google Now untuk Android, Cortana untuk Windows Mobile, dan Blackberry Assistant untuk BB10.

Sejauh ini, kita hanya bisa melakukan fungsi-fungsi standard dengan perintah suara, seperti melakukan pencarian dengan mesin pencari (Search Engine), melakukan panggilan telepon, dan mengirimkan pesan singkat. Kini, apa lagi yang sudah bisa kita lakukan dengan perintah suara?

Mengatur Settingan Smartphone Android Kini Bisa Dengan Perintah Suara

Yup, apabila anda merupakan pengguna Android, maka anda bisa menggunakan pesan suara untuk merubah settingan smartphone anda. Cukup beri perintah sesuai format yang ditentukan, maka Google Now yang ada dalam sistem operasi Android anda akan langsung melakukan perubahan seperti yang diperintahkan. Settingan yang bisa dirubah antara lain:

Google Voice Command 1

Bluetooth bisa langsung aktif / mati sesuai perintah suara pengguna.

  • Menyalakan / Mematikan WiFi
  • Menyalakan / Mematikan Cahaya Senter
  • Menyalakan / Mematikan Bluetooth

Adapun untuk perubahan settingan lain seperti Airplane Mode, Location / GPS, Brightness, Volume, dan NFC, ternyata belum bisa dirubah dengan perintah suara, seperti yang bisa anda lihat pada percobaan di bawah ini:

Kita harus menekan tombol secara manual untuk merubah settingan Airplane Mode

Kita harus menekan tombol secara manual untuk merubah settingan Airplane Mode

Untuk saat ini, fitur perintah suara tersebut baru bisa digunakan pada Android terbaru, yaitu Android Lollipop. Apakah fitur ini nantinya akan bisa dipakai pada semua tipe Android, kita tunggu saja.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>