Fitur Baru WhatsApp bisa di-nonaktifkan[?] – Buat Yang Parno Dengan Centang Biru

Kini Instant Messanger (IM) merupakan aplikasi yang sangat populer. Persaingan antar founder IM pun mencuri perhatian dunia. Masing-masing pemilik mencoba memberikan pelayanan yang bagus dan fitur yang menarik. Seperti yang telah dilakukan WhatsApp pada awal bulan November ini, yaitu merilis fitur “Read Receipts”. Fitur tersebut dapat memberikan infromasi pada pengirim pesan, apakah pesan yang dikirim sudah dibaca atau belum. Sebenarnya fitur ini tidak tergolong baru karena Aplikasi IM lainnya telah menggunakan hal yang sama, seperti BBM, Telegram dan FB Messanger.

Lalu seperti apa fitur terbaru itu?

Saat mengirimkan pesan pada lawan bicara, jika ada satu tanda centang atau check mark ini berarti pesan telah berhasil dikirim dan dua centang berarti pesan kamu telah diterima oleh penerima pesan. Saat ini ada dua centang yang berwarna biru yang berarti pesan yang dikirim telah dibaca oleh penerima pesan. Adanya the two blue check marks tersebut lah yang dimaksud tambahan fiturnya. Seluruh pengguna WhatsApp dari berbagai platform dapat merasakan perubahannya. Hal ini karena IM besutan Brian Acton dan Jan Koum telah melakukan update pada server mereka.

Selection_488

Beberapa mungkin senang dengan adanya fitur baru tersebut. Namun dengan berbagai alasan, beberapa orangpun merasa tidak nyaman dengan adanya fitur baru tersebut. Lalu bagaimana kamu tidak mengaktifkan fitur tersebut?

Fitur tersebut bisa kamu gunakan dengan version di atas 4.11.432, saat ini Saya menggunakan version 4.11.453.

Screenshot_2014-11-26-17-22-35

 

Jika sudah update WhatsApp dengan versi terbaru, kamu bisa masuk ke dalam menu “Setting” lalu pilih menu “Account”.
PicsArt_1416999314388

 

Pilih menu “Privacy” tersebut, kemudian kamu akan ditampilkan pilihan untuk pengaktifan fitur “Read Receipts”

PicsArt_1416999546927  PicsArt_1416999603390

Screenshot_2014-11-26-16-49-19

Nah, the two blue double checs marks terlihat saat fitur diaktifkan dengan cara melakukan click pada check box “Read Receipts”. Kini Saya coba uncheck fitur tersebut

PicsArt_1416999645219

Screenshot_2014-11-26-17-07-44

 

Jelas terlihat bedanya, bukan? Warna centang berubah menjadi abu-abu kembali. Nah, saat kita tidak mengaktifkan fitur tersebut, respon pada lawan bicara pun berwarna abu-abu. Saat kita aktifkan kembali, warna pun berubah jadi biru di whatsapp lawan bicara.

Oia, untuk dapat menggunakannya kamu harus upgrade ke versi prabayar. Jadi, kamu lebih suka yang mana?

 

 

 

 

Rismavita Noortriani

Karyawan swasta | Pilates | Penikmat Fashion | Mencoba Gaya Hidup Sehat | Pemimpi

More Posts

Follow Me:
TwitterLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>