Firefox OS, Kini Hadir di Tengah Kita

Setelah berevolusi dari sebuah browser menjadi sebuah Sistem Operasi khusus smartphone pada bulan Januari tahun ini, tak banyak yang mengira kalau Firefox OS akan benar-benar ada dalam sebuah smartphone dalam waktu dekat. Buktinya, minggu ini Geeksphone (retailer asal Madrid) akhirnya meluncurkan Keon dan Peak, smartphone terbaru berbasis Firefox OS yang dibuat khusus untuk para developer. Dan hebatnya lagi, belum sampai 24 jam, kedua handphone tersebut telah terjual habis, WOW !!

Firefox OS, adalah sebuah Sistem Operasi open source berbasis Linux yang dibuat Mozilla khusus untuk smartphone. Mozilla sendiri sebenarnya adalah sebuah komunitas developer software gratisan yang telah membuat Firefox Web Browser, sebuah browser yang banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk oleh saya ketika mengupload tulisan ini. Dalam proses pembuatannya, Firefox OS diharapkan bisa memaksimalkan aplikasi-aplikasi berbasis bahasa pemrograman web seperti CSS, JavaScript, dan HTML5, untuk membuat sebuah smartphone bisa berbunyi, bergetar, dan menjalankan proses-proses lain.

Peluncuran Keon dan Peak sebenarnya dimaksudkan untuk mengundang para developer untuk ikut membantu mengembangkan Firefox OS, hingga bisa setara dengan Sistem Operasi smartphone yang telah lebih dulu ada, seperti iOS, Android, dan lain-lain. Para developer memang bisa membuat beberapa aplikasi untuk Firefox OS dengan menggunakan Firefox OS Simulator, tapi kehadiran smartphone yang sesungguhnya tentu memudahkan para developer tersebut untuk mencoba kemampuan Firefox OS semaksimal mungkin. Keon dijual dengan harga $119, sedangkan Peak sedikit lebih mahal, $195. Adapun untuk para pengguna biasa, para produsen besar seperti LG, Huawei, dan Sony juga telah berniat untuk membuat smartphone berbasis Firefox OS mulai tahun depan.

Akankah Firefox OS mengikuti kesuksesan Android, pendahulunya di dunia sistem operasi open-source? Kita lihat saja …

 

Sumber Gambar :

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>