Findery – Meninggalkan Cerita di Setiap Tempat

Findery

Seberapa sering anda melihat orang-orang mencoba meninggalkan kenangan di suatu tempat dengan cara yang tidak baik? Mencoret-coret tembok, menggores batang pohon dengan tulisan “I Love Someone”, dan cara-cara tak terpuji lainnya banyak sekali kita temukan, terutama di objek-objek wisata. Nah, dengan era yang serba digital seperti sekarang, mengapa tidak mengubah kebiasaan tersebut ke aplikasi digital, yang pasti tidak akan merusak apapun?

Adalah Caterina Fake yang mencoba menjawab tantangan tersebut. Entrepreneur yang juga merupakan founder dari Flickr dan Hunch itu membuat sebuah startup baru di mana kita bisa berbagi foto dan cerita tentang sebuah tempat yang kita kunjungi, ia memberinya nama Findery. Sebelumnya ia sempat menamainya Pinwheel, sebelum digugat (dan kalah) oleh aplikasi lain yang bernama Pinweel.

Sekilas melihat, maka aplikasi ini terkesan sangat mirip dengan Foursquare. Namun ada beberapa hal spesial yang membedakan Findery dengan Foursquare, di antaranya adalah fasilitas Notemaps yang berfungsi untuk mengumpulkan catatan dan foto-foto kita menjadi sebuah album. Namun dari cara Findery menampilkan gambar-gambar yang diupload penggunanya (dan dari tombol-tombol di halaman utama), ia justru lebih mirip dengan Instagram. Bila bisa disimpulkan, maka Findery adalah perjodohan Foursquare dan Instagram, ditambah fasilitas Notemaps.

Photo 11-3-14 3 58 58Photo 11-3-14 3 59 26

Satu lagi perbedaan dengan Foursquare adalah, Findery tidak memaksa penggunanya untuk berada di lokasi tertentu saat check-in (dalam Findery mereka menyebutnya Create Notes). Kelebihan lainnya adalah fasilitas Discover yang (menurut sang Founder) memiliki algoritma khusus agar sesuai dengan selera pengguna.

Di kemudian hari, menurut saya Findery bisa menjadi sesuatu yang besar, bila mereka berhasil menarik pengguna-pengguna baru dan membangun komunitas di dalam Findery itu sendiri. Fasilitas Notemaps bisa menjadi begitu spesial bila dieksplorasi lebih dalam, mungkin para pengguna awal Findery bisa memberi contoh yang baik untuk menjaring lebih banyak pengguna.

Pengalaman menggunakan Findery dan berkomunitas di dalamnya akan saya sampaikan di “Intip Aplikasi” yang diposting secara spesial setiap hari minggu.

 

Sumber Gambar : vimeo.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>