Facebook Yang Kian Mata Duitan

Facebook terus berusaha ‘mencari uang’ lewat segala macam cara. Setelah sebelumnya dikabarkan mencoba ‘mencuri’ gambar-gambar dari Instagram, aplikasi yang telah mereka beli di awal tahun ini seharga 1 Milyar Dollar, kini Facebook mencoba memberi harga sebesar 1 Dollar bagi orang-orang asing (bukan pengguna Facebook) yang ingin mengirim pesan kepada para pengguna Facebook.

Soal kasus Instagram, Facebook memang telah mengklarifikasi, lewat Instagram tentunya, kalau yang terjadi hanyalah kesalah pahaman terkait Terms of Service yang baru mereka buat, dan mereka tidak mempunyai niat untuk menjual gambar-gambar di Instagram. Senada dengan itu, untuk fitur pesan 1 Dollar ini, Facebook mengatakan kalau mereka hanya ingin memberi kesempatan bagi siapapun untuk mengirim pesan penting untuk pengguna facebook yang tidak mereka kenal dekat. Facebook juga mengatakan kalau mereka akan menambahkan fitur penyaring pesan untuk memisahkan antara pesan yang penting dan tidak di inbox pengguna, agar fasilitas Pesan 1 Dollar itu tidak terasa begitu mengganggu.

Namun, apapun yang mereka katakan, Facebook terlanjur dikenal sebagai sebuah layanan digital yang ‘mata duitan’. Dalam kasus Instagram, beberapa pengguna besar seperti National Geographic pun berpendapat serupa. Mereka bahkan sempat menghentikan aktivitas mereka di Instagram dalam rangka memprotes aplikasi yang kini dimiliki oleh Facebook tersebut.

Facebook memang telah berubah dari sekedar sosial media biasa menjadi seperti The Next AoL (America Online), hanya kali ini dengan skala yang lebih luas. Mungkin beberapa dari kita telah lahir di jaman keemasan AoL (America Online), sebuah situs dengan fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari webpage, email, chat client, dan sebagainya. Facebook pun kini seperti itu, mereka telah mempunyai layanan pesan, chat client, website internal, dan games tersendiri. Sangat disayangkan kalau Facebook terus menerus mengembangkan bisnis dengan cara-cara yang mengganggu pengguna, seperti menyediakan layanan iklan berupa video selama 15 detik di newsfeed, dan lain-lain.

Bagaimana kiprah Facebook selanjutnya? Mari kita tunggu bersama …

 

Sumber Gambar : bmielite.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>